Jumat, 25 Januari 2019

bab larangan memutuskan keimanan dengan tanpa dalil untuk memutusnya.


Muraja’ah Kitab Shahih Muslim Karya Imam Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj Al Qusyairi An Naisaburi rahimahullahu ta'ala :

@ngajikitabshahihmuslim/S=0002/klik.


[68] : (( باب تألف قلب من يخاف على إيمانه لضعفه والنهي عن القطع بالإيمان من غير دليل قاطع )).
[1] : حدثنا ابن أبي عمر حدثنا سفيان عن الزهري عن عامر بن سعد عن أبيه قال قسم رسول الله صلى الله عليه وسلم قسما فقلت يارسول الله أعط فلانا فإنه مؤمن فقال النبي صلى الله عليه وسلم أو مسلم أقولها ثلاثا ويرددها على ثلاثا أو مسلم ثم قال اني لأعطى الرجل وغير أحب إلى منه مخافة أن يكبه الله في النار.
[2] : حدثني زهير بن حرب حدثنا يعقوب بن إبراهيم حدثنا ابن أخي ابن شهاب عن عمه قال : أخبرني عامر بن سعد بن أبي وقاص عن أبيه سعد أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أعطى رهطا وسعد جالس فيهم قال سعد : فترك رسول الله صلى الله عليه وسلم منهم من لم يعطه وهو أعجبهم إلي فقلت : يا رسول الله ! مالك عن فلان ؟ فوالله إني لأراه مؤمنا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( أو مسلما )) قال : فسكت قليلا ثم غلبني ما أعلم منه فقلت : يا رسول الله ! مالك عن فلان فوالله إني لأراه مؤمنا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( أو مسلما )) قال : فسكت قليلا ثم غلبني ماعلمت منه فقلت : يا رسول الله ! مالك عن فلان فوالله إني لأراه مؤمنا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( أو مسلما إني لأعطى الرجل وغيره أحب إلي منه خشية أن يكب في النار على وجهه )).
[3] : حدثنا الحسن بن على الحلواني ، وعبد بن حميد قالا : حدثنا يعقوب (وهو ابن إبراهيم بن سعد) حدثنا أبي عن صالح ، عن ابن شهاب ، قال : حدثني عامر بن سعد ، عن أبيه سعد ، أنه قال : أعطى رسول الله صلى الله عليه وسلم رهطا وأنا جالس فيهم ، بمثل حديث ابن أخي ابن شهاب عن عمه ، وزاد : فقمت إلى رسول الله فساررته ، فقلت : مالك عن فلان. 
[4] : وحدثنا الحسن الحلواني ، حدثنا يعقوب ، حدثنا أبي عن صالح ، عن إسماعيل بن محمد ، قال : سمعت محمد بن سعد يحدث هذا ، فقال في حديثه : فضرب رسول الله صلى الله عليه وسلم بيده بين عنقى وكتفى ، ثم قال : (( أقتالا ؟ أي سعد ! إني لأعطي الرجل )).

[68] : [Bab tentang Menjinakan hati orang yang di khawatirkan atas keimanannya karena lemahnya dan larangan dari memutuskan pada keimanan seseorang dengan tanpa dalil yang memerintahkan untuk memutusnya].
[1] : dari 'amir bin sa'd dari ayahnya berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membagi satu bagian harta, maka aku berkata : 'Ya Rasulullah ! berikanlah si fulan maka sesungguhnya dia itu seorang yang beriman', maka bersabda nabi shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Atau seorang muslim', aku mengucapkan sebanyak tiga kali dan beliau mengulang-ulanginya sebanyak tiga kali 'Atau seorang muslim', kemudian beliau bersabda : 'Sesungguhnya aku memberi seseorang itu dan tidak pada yang lain itu lebih aku sukai darinya, karena takut Allah akan menelungkupkannya di neraka'.
[2] : dari bapaknya sa'd bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan sekelompok orang dan sa'd duduk di antara mereka, berkata sa'd : maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meninggalkan di antara mereka yang beliau tidak memberinya dan dia itu [orang yang tidak di beri] adalah orang yang paling mulia atau baik daripada mereka menurutku maka aku berkata : 'Ya Rasulullah ! Ada apa Engkau dengan fulan ? maka demi Allah sungguh aku mengetahui dia adalah seorang mukmin', maka bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Atau dia adalah seorang muslim', dia berkata : 'Maka aku diam sebentar, kemudian mengalahkanku apa yang aku tahu darinya', maka aku berkata : 'Ya Rasulullah ! Ada apa Engkau dengan fulan ? maka demi Allah sungguh aku mengetahui dia adalah seorang mukmin', maka bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Atau dia adalah seorang muslim', dia berkata : 'Maka aku diam sebentar, kemudian mengalahkanku apa yang aku tahu darinya', maka aku berkata : ''Ya Rasulullah ! Ada apa Engkau dengan fulan ? maka demi Allah sungguh aku mengetahui dia adalah seorang mukmin', maka bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Atau dia adalah seorang muslim, sesungguhnya aku memberi seseorang itu dan tidak pada yang lain, dia itu lebih aku sukai daripadanya [orang yang aku beri tersebut] karena di khawatirkan Allah akan menelungkupkannya di neraka pada wajahnya'.
[3] : dari ayahnya sa'd, bahwasannya dia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberi sekelompok orang dengan satu pemberian dan aku duduk di tengah-tengah mereka, dengan seperti hadis ibnu akhi ibnu syihab dari pamannya, dan ada tambahan : maka aku bangkit kepada Rasulullah lalu aku membisikannya, maka aku berkata : Ada apa engkau dari fulan.
[4] : dari ismail bin muhammad berkata : Saya mendengar muhammad bin sa'd memberikan hadis ini, maka dia berkata dalam hadisnya : maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memukul dengan tangannya antara leherku dan punggungku, kemudian dia bersabda : 'Apakah kamu memerangi terhadap keputusanku ? wahai sa'd ! Sesungguhnya aku memberi seseorang itu'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar