Kitab syamsul ma’arif alkubra (mataharinya ilmu-ilmu
pengetahuan yang maha besar) juz pertama (02) halaman
179 ; karya Al
imam Ahmad bin Ali Albuni rahimahullahu ta’ala.
|
@ngajisyamsulma’arifalkubra/S=0004/klik.
|
[الفصل الثامن والأربعون فى اسمه تعالى ودود] هذا
المغناطيس الجذاب والياقوت الجلاب من أكثر من ذكره كان محبوبا عند سائر الخلق
ويثبت الله تعالى قلوب الخلق على محبته وهو من الأذكار الجليلة ومن وضع اسمه
ودود والحسيب فى مثلث مركزه جواد ووضع المثلث فى باطن مربع.
|
[Alfashlu
atstsaminu wal arba’una fi ismihi ta’ala wadudu] hadzal mighnathisu
aljadzdzabu wal yaqutu al jallabu man aktsara min dzikrihi kana mahbuban
‘inda sa-iril khalqi wa yutsabbitullahu ta’ala qulubal khalqi ‘ala
mahabbatihi wa huwa minal adzkari aljalilati
wa man wadha’a ismahu wadudu wal hasibu fi mutsallatsi markazuhu jawadun wa
wadha’al mutsallatsa fi bathini murabba’i.
|
[fasal nomer empat puluh delapan (48) tentang nama
Allah ta’ala : wadudu (maha mengasihani)] asma’ ini seperti jimat yang banyak
menariknya dan seperti berlian yang banyak menariknya, barangsiapa yang
memperbanyak membaca asma’ ini maka dia akan dicintai disisi semua makhluk
dan Allah ta’ala menetapkan dihati-hati para makhluk atas rasa cinta
kepadanya ; dan asma’ ini adalah dari dzikir-dzikir yang agung dan
barangsiapa yang menulis asma’ Allah wadud dan hasib ada didalam rajah
segitiga yang pusatnya itu adalah jawadun (maha pemurah) dan menulis rajah
segitiga didalam rajah segiempat.
|
وحمله فإنه لا يقع عليه
بصر أحد إلا أحبه ومن وضع هذا الشكل فى الساعة الأولى من يوم الجمعة أو فى شرف
الزهرة وحمله ولازم على تلاوته فإنه يرى العجب العجاب.
|
Wa hamalahu fa-innahu la yaqa’u ‘alaihi basharu ahadin
illa ahabbahu wa man wadha’a hadzasy syakla fis sa’atil ula min yaumil
jum’ati au fi syarafiz zuhrati wa hamalahu wa lazama ‘ala tilawatihi
fa-innahu yaral ‘ujbal ‘ijaba.
|
Dan membawa rajah segitiga ini maka sesungguhnya tidak
mengawasi atasnya pandangan mata seseorang kecuali mencintainya dan
barangsiapa yang menulis model ini di jam pertama dari hari jum’at atau
bersinarnya bintang zuhrah dan membawa model iki dan dia senantiasa
membacanya maka sesungguhnya dia akan melihat hal-hal yang aneh-aneh.
|
واعلم أن من كتب هذا
الإسم الشريف فى حريرة بيضاء وحملها رزق محبة القلوب وينبغي أن يكون على طهارة
وذكر بعضهم أن من أكثر من ذكره إلى أن يغلب عليه منه حال فكل من رآه مال إليه
بطبعه وأحبه بقلبه وأحيا الله تعالى باطنه بروح المحبة وزين ظاهره بأسرار المودة
فافهم ذلك.
|
Wa’lam anna man kataba hadzal isma asysyarifa fi
harirati baidha-a wa hamalaha ruziqa mahabbatal qulubi wa yanbaghi an yakuna
‘ala thaharatin wa dzakara ba’dhuhum anna man aktsara min dzikrihi ila an
yaghliba ‘alaihi minhu halu fakullu man raa-ahu mala ilaihi bithab’ihi wa
ahabbahu biqalbihi wa ahyallahu ta’ala bathinahu biruhil mahabbati wa zayyana
zhahirahu bi-asraril mawaddati fafham dzalika.
|
Dan ketahuilah bahwa barangsiapa yang menulis asma yang
mulia ini dikain yang putih dan membawanya maka akan diberikan rasa cinta
para makhluk yang memiliki hati dan sebaiknya orang itu ada diatas kesucian ;
dan sebagian mereka para ulama menyebutkan bahwa barangsiapa yang
memperbanyak membaca dzikir asma ya wadud sampai merasuk asma itu atas orang
tersebut maka setiap orang yang melihatnya akan condong dengan tabiatnya
kepadanya dan merasa seneng dengan hatinya dan Allah ta’ala menghidupkan
batinnya orang tersebut dengan ruh rasa cinta dan menghiasi dhohirnya dengan
rahasia-rahasia rasa cinta maka fahamilah olehmu hal itu.
|
وقد وضعه بعضهم على هذه
الصفة وهو وضع شريف وهذه صورته : وله مثلث جليل القدر يوضع فى شف القمر فى
الساعة الأولى من يوم الجمعة ويحمله ثم يذكره إلى الغروب من ذلك اليوم فإنه لا
يقع عليه بصر أحد إلا أحبه.
|
Wa qad wadha’ahu ba’dhuhum ‘ala hadzihish shifati wa
huwa wadh’u syarifun wa hadzihi shuratuhu : wa lahu mutsallatsu jalilul qadri
yudha’u fi syarafil qamari fis sa’atil ula min yaumil jum’ati wa yahmiluhu
tsumma yadzkuruhu ilal ghurubi min dzalikal yaumi fa-innahu la yaqa’u ‘alaihi
basharu ahadin illa ahabbahu.
|
Dan sungguh sebagian ulama telah menulis asma ya wadud
atas sifat ini dan itu adalah tatanan yang mulia dan ini adalah gambarnya :
dan rajah segitiga memiliki derajat yang mulia yang diletakan disinarnya
bintang diwaktu yang pertama dari hari jum’at dan membawa rajah segitiga ini
kemudian berdzikir dengan asma ya wadud sampai tenggelamnya matahari dihari
tersebut maka sesungguhnya tidak mengawsi kepadanya pandangan mata seseorang
kecuali mencintainya.
|
وهذه صورته وفيه سر
غريب ومعنى عجيب لجذب القلوب والأرواح والمهج وهو ذكر لأرباب الجمال ولمن ذاق
مشروب المحبة وجلس على بساط المودة ألا ترى أنه يناسب حروفه بدوح.
|
Wa hadzihi shuratuhu wa fihi sirrun gharibun wa ma’na
‘ajibun lijadzbil qulubi wal arwahi wal minhaji wa huwa dzikrun li-arbabil
jamali wa liman dzaqa masyrubal mahabbati wa jalasa ‘ala basathil mawaddati
ala tara annahu yunasibu hurufuhu bidauhin.
|
Dan model rajah segitiga ini dan didalam asma ya wadud
ada rahasia yang aneh dan artinya adalah yang aneh-aneh untuk menarik
hati-hati makhluk dan arwah-arwah dan mengerakan benda-benda dan asma ya
wadud adalah dzikir bagi orang-orang yang memiliki keindahan dan untuk orang
yang merasakan minuman rasa cinta dan duduk diatas permadani rasa cinta,
Apakah kamu tidak melihat bahwasannya huruf-hurufnya itu menyamai dengan
rumah yang besar.
|
و أسماء حروفه 96 تشير إلى اسمه سول و أجزاء
عدده تشير إلى اسمه حبيب و هو روح الروح والفرد يوافقه من الأسماء هادي و هو من
الأعداد الشريفة لأنه من ضرب أول عدد و هو زائد ؛ أجزاؤه 22 تشير إلى اسمه حبيب
لقوله : توادوا تحابوا.
|
wa
asma-u hurufihi 96 tusyiru ila ismihi sa-ulun wa ajza-u 'adadihi tusyiru ila
ismihi habibun wa huwa ruhur ruhi wal fardu yuwafiquhu minal asma-i hadii wa
huwa minal a'dadisy syarifati li-annahu min dharbi awwali 'adadin wa huwa
za-idun ; ajza-uhu 22 tusyiru ila ismihi habibun liqaulihi : tawadduu
tahabbuu.
|
dan
nama-nama huruf-huruf asma alwadud itu jumlahnya ada 96 yang dia itu cocok
dengan nama Allah ta'ala sa-ulun (Dia-lah Allah dzat yang di mintai) dan
bagian-bagian angkanya (hitungannya) itu cocok dengan asma Allah habibun
(Dia-lah Allah dzat yang dicintai atau dikasihi) dan habib itu adalah ruhnya
ruh dan sendiri-sendiri yang mencocoki asma habib itu dari nama-nama hadii
(Dia-lah Allah dzat yang memberi petunjuk) dan hadii itu dari angka-angka
yang mulia karena hadii itu hasil dari pengkalian awalnya angka dan hadii itu
adalah angka yang lebih ; bagian-bagian asma alwadud itu jumlahnya ada 22
yang itu cocok dengan asma Allah habibun (Dia-lah Allah dzat yang dicintai)
berdasarkan sabda nabi shallallahu alaihi wa sallam : saling berkasih
sayanglah kalian dan saling cinta-mencintailah kalian.
|
و أما أسماء حروفه 96
فتشير إلى اسمه سول إذ الحب الود و هو السول وإذ الوتر ورد المحبة جعل نهايتها
الطلب الذي هو من إشارة اسمه طالب.
|
wa
amma asma-u hurufihi 96 fatusyiru ila ismihi sa-ulun idz alhubbu alwuddu wa
huwa assaulu wa idz alwitru wirdul mahabbati ju'ila nihayatuhu aththalabu
alladzi huwa min isyarati ismihi thalibun.
|
dan
adapun nama-nama huruf-huruf asma alwadud itu jumlahnya ada 96 maka itu cocok
dengan asma Allah ta'ala sa-ulun (Dia-lah Allah dzat yang dimintai) karena
rasa sayang adalah rasa cinta dan itu adalah sesuatu yang dimintai (kepada
Allah ta'ala) dan karena dzat yang ganjil, yaitu Allah adalah yang bisa
mendatangkan rasa cinta, dijadikan puncaknya rasa cinta adalah permintaan
yang mana permintaan itu berasal dari isyarat dari asma Allah thalibun
(Dia-lah Allah dzat yang menuntut, yaitu menuntut hambanya untuk meminta
kepada-Nya).
|
فإن قلت : ما المحبة ؟ قلت : صفاء المودة وهي
الليل الدائم بالقلب الهائم وقيل : فى فضل هذا المقام أربعة ألقاب ب الودح العشق
و هو إفراد المحبة ود الشفقة و هو استفراغ الإرادة فى المحبوب والتعلق به ؛
والله الموفق.
|
fa-in
qulta : mal mahabbatu ? qultu : shafa-ul mawaddati wa hiya allailud da-imu
bil qalbil ha-imi, wa qila : fi fadhli hadzal maqami arba'atu alqabin, ba
alwadahu al'isyqu wa huwa ifradul mahabbati wuddusy syafaqati wa huwa
istifraghul iradati fil mahbubi wat ta'alluqi bihi, wallahul muwaffiqu.
|
dan
jika kamu bertanya : apa itu mahabbah (rasa cinta) ? Aku berkata : mahabbah
itu adalah beningnya rasa sayang dan dia itu seperti malam yang terus-menerus
(langgeng) didalam hati seseorang yang sedang bingung, dan dikatakan :
tentang keutamaan maqam ini yang pada maqam ini ada 4 gelar, poin b dari 4
maqam adalah alwadahu al'isyqu dan dia itu adalah ifradul mahabbati wuddusy
syafaqati, maknanya adalah mengosongkan kehendak hanya pada sesuatu yang
dicintai dan bergantung dengannya, dan Allah dzat yang memberi petunjuk.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar