Kitab Ad
Durarul Bahiyyatu Fil Masaailil
Fiqqiyyah, Halaman : 29 (dua puluh sembilan) ; Karya Al Imam Al 'Alamah Muhammad Bin 'Ali
Asy Syaukani rahimahullahu ta'ala
|
@ngajiaddurarulbahiyyah/0004/klik.
|
فصل
[تطهير النجاسات] ويطهر ماتنجس بغسله حتى لايبقى عين ولا لون ولا ريح ولا طعم
والنعل بالمسح والإستحالة مطهرة لعدم وجود الوصف المحكوم عليه وما لايمكن غسله :
فبالصب عليه أو النزح حتى لايبقى
للنجاسة أثر والماء هو الأصل فى التطهير فلا يقوم غيره مقامه الا بإذن من
الشارع.
|
Fashlun [tathhiirun najaasaati] wa yathharu maa
tanajjasu bighaslihi hattaa la yabqaa lahaa ‘ainun wa laa launun wa la riihun
wa laa tha’mun wan na’lu bil mashi wal istihaalatu muthahhiratun li’admi wujuudil
washfil mahkuumi ‘alaihi wa maa laa yumkinu ghasluhu : fabish shabbi ‘alaihi
au annazhi hattaa laa yabqaa lin najaasati atsarun wal maa-u huwal ashlu fitathhiiri
laa yaquumu ghairuhu maqaamahu illaa bi-idzni minasy syaari’i.
|
Fasal
[tentang cara membersihkan najis] :
|
[07]. Dan
menjadi suci sesuatu yang najis dengan di cuci sampai tidak tersisa bagi
najis tersebut dzatnya, warnanya, baunya dan rasanya.
|
[08]. Dan
mensucikan sandal itu dengan mengusapnya.
|
[09]. Dan
perubahan bentuk itu juga merupakan hal yang bisa mensucikan [yakni perubahan
bentuk dari najis ke dzat lain] karena tidak adanya sifat yang di hukumi
atasnya.
|
[10]. Dan
sesuatu yang tidak bisa di cuci : A. Maka dengan menyiram air di atasnya. B.
Atau dengan membuang seluruhnya sampai tidak tersisa bagi najis itu bekasnya.
|
[11]. Dan air
yang merupakan asal di dalam bersuci maka tidak boleh ada yang menggantikan
kedudukan air ini kecuali ada izin dari pembuat syari'at yakni Allah
subhanahu wa ta'ala.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar