Kitab
Mau'izhatul
Mu'miniin min
Ihyaa 'Uluumuddiin, Halaman : 8 (delapan) ; karya
Al 'Alamah Asy Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qasimi rahimahullahu ta'ala :
|
@ngajimau’izhatulmu’miniin/0005/klik.
|
كتاب عقيدة أهل السنة
فى كلمتي الشهادة التى هي أحد مباني الإسلام :
|
عقيدتهم فى ذاته تعالى
وتقدس أنه إله واحد لا شريك له قديم لا أول له مستمر الوجود لا آخر له ، أبدي لا
نهاية له ، دائم لا انصرام له ، لم يزل ولا يزال ، موصوفا بنعوت الجلال ، لا
يقضى عليه بالإنقضاء والإنفصال ، بتصرم الآباد وانقراض الآجال ، بل هو الأول
والآخر ، والظاهر والباطن وهو بكل شيئ عليم وأنه ليس بجسم مصور
، ولا يماثل موجودا ، ولا يماثله موجود ، ولا تحيط به الجهات ، ولا تكتنفه
الأرضون ولا السموات.
|
kitabu ‘aqidatu ahlus sunnati fi kalimataisy syahadati
allati hiya ahadu mabanil islami :
|
‘aqidatuhum fi dzatihi ta’ala wa taqaddasa annahu
ilahun wahidun la syarika lahu qadimun la awwala lahu mustamirul wujudi la
akhira lahu, abadiyun la nihayata lahu, da-imun la inshirama lahu, lam yazal
wa la yuzalu, maushufan binu’util jalali, la yuqdha ‘alaihi bil-inqidha-i
wal-infishali, bitasharrumil aabadi wa inqiradhil aajali, bal huwal awwalu
wal aakhiru, wadh dhahiru wal bathinu wa huwa bikulli syai-in ‘alimun wa
annahu laisa bijismin mushawwarin, wa la yumatsilu maujudan wa la yumatsiluhu
maujudun wa la tuhithu bihil jihatu, wa la taktanifuhul ardhuna wa las
samawatu.
|
kitab aqidah ahlus sunnah dalam menjabarkan pemahaman tentang
dua kalimat syahadat yang mana dua kalimat syahadat itu adalah salah satu
pondasi dari bangunan agama islam :
|
aqidah mereka dalam masalah dzat Allah yang maha tinggi
dan maha suci bahwasannya Dia-lah Allah adalah sesembahan yang satu yang
tidak ada sekutu baginya, Dia-lah Allah dzat yang langgeng dzat yang tidak
memiliki awal, yang terus menerus ada wujudnya, dzat yang tidak memiliki akhir,
Dia-lah Allah dzat yang selama-lamanya yang tidak ada ujungnya, Dia-lah Allah
dzat yang kekal yang tidak ada putusnya, Dia-lah Allah dzat yang tidak
berhenti dan tidak bisa dihentikan, Dia-lah Allah disifati dengan sifat-sifat
keagungan, tidak diputusi atas Allah dengan sesuatu yang memutus dan yang
memisah, dengan terputusnya beberapa masa dan habisnya beberapa waktu, bahkan
Dia-lah Allah dzat yang awal dan yang akhir, dan dzat yang nampak dan yang
samar, dan Dia Allah dengan segala sesuatu maha mengetahui dan bahwasannya
Allah bukanlah berbentuk jazad yang bergambar, dan Allah itu tidak sama
dengan benda-benda maujud dan benda-benda maujud itu tidak sama dengan Allah,
dan Allah itu tidak diliputi oleh arah-arah, dan tidak pula Allah itu
dikelilingi oleh bumi-bumi dan langit-langit.
|
وأنه مستو على العرش على الوجه الذي قاله
وبالمعنى الذي أراده وهو فوق العرش والسماء ، وفوق كل شيئ إلى تخوم الثرى ، بل
هو رفيع الدرجات عن العرش والسماء كما أنه رفيع الدرجات عن الأرض والثرى ، وهو
مع ذلك قريب من كل موجود ، وهو أقرب إلى العبد من حبل الوريد ، إذ لا يماثل قربه
قرب الأجسام ، كما لا تماثل ذاته الأجسام وأنه لا يحل فى شيئ ولا يحل فيه شيئ ، تعالى عن أن يحويه مكان كما تقدس عن
أن يحده زمان بل كان قبل أن خلق الزمان والمكان وهو الآن على ما عليه كان.
|
wa annahu mustawin ‘alal ‘arsyi ‘alal wajhi alladzi
qalahu wa bil ma’na alladzi aradahu wa huwa fauqal ‘arsyi was sama-i, wa
fauqa kulli syai-in ila tukhumits tsara, bal huwa rafi’ud darajati ‘anil
‘arsyi was sama-i kama annahu rafi’ud darajati ‘anil ardhi wats tsara, wa
huwa ma’a dzalika qaribun min kulli maujudin, wa huwa aqrabu ilal ‘abdi min
hablil waridi, idz la yumatsilu qurbuhu qurbal ajsami, kama la tumatsilu
dzatahul ajsamu Wa annahu la yahillu fi syai-in wa la yahillu fihi syai-un,
ta’ala ‘an yahwihi makanun kama taqaddasa ‘an yuhidda zamanun bal kana qabla
an khalaqaz zamana wal makana wa huwa al-aana ‘ala ma ‘alaihi kana.
|
dan bahwasannya Allah itu bersemayam diatas arsy dengan
cara yang Allah firmankan didalam alqur’an dan dengan makna yang Allah
menghendakinya dan Dia-lah Allah berada diatas arsy dan langit, dan berada
diatas segala sesuatu sampai batas tanah, bahkan Dia-lah Allah yang memiliki
ketinggian beberapa derajat dari arsy dan langit sebagaimana bahwasannya
Dia-lah Allah memiliki ketinggian beberapa derajat dari bumi dan tanah, dan
Dia Allah bersamaan itu semua adalah dzat yang dekat kepada hambanya, lebih
dekat dari otot lehernya, karena kedekatan Allah itu tidak sama dengan
dekatnya jazad-jazad manusia, sebagaimana jazad-jazad manusia itu tidak sama
dengan dzat Allah Dan bahwasannya Allah itu tidak bertempat pada sesuatu dan
sesuatu itu tidak bertempat pada Allah, maha tinggi Allah bila dikatakan
Allah itu dikandung oleh tempat sebagaimana maha suci Allah bila dikatakan
Allah itu dibatasi oleh waktu bahkan Allah itu telah ada sebelum Allah
menciptakan waktu dan tempat dan Dia Allah sekarang seperti apa yang padanya
Allah telah ada.
|
وأنه فى ذاته معلوم
الوجود بالعقول مرئي الذات بالأبصار فى دار القرار نعمة منه ولطفا بالأبرار
وإتماما منه للنعيم بالنظر إلى وجهه الكريم وأنه تعالى حي قادر جبار قاهر لا يعتريه قصور ولا عجز ولا تأخذه سنة
ولا نوم ولا يعارضه فناء ولا موت ؛ وأنه المنفرد بالخلق والإختراع ، المتوحد
بالإيجاد والإبداع ؛ وأنه عالم بجميع المعلومات ، محيط بما يجري من تخوم الأرضين
إلى أعلى السموات ، لا يعزب عن علمه مثقال ذرة فى الأرض ولا فى السماء بل يعلم
دبيب النملة السوداء على الصخرة الصماء فى الليلة الظلماء ويدرك حركة الذر فى جو
الهواء ويعلم السر وأخفى ويطلع على هواجس الضمائر وحركات الخواطر وخفيات السرائر
بعلم قديم أزلى لم يزل موصوفا به فى أزل الآزال.
|
wa annahu fi dzatihi ma’lumul wujudi bil ‘uquli
mura-iyudz dzati bil abshari fi daril qarari ni’matan minhu wa luthfan
bil-abrari wa itmaman minhu lin na’imin bil nadhari ila wajhihil karimu Wa
annahu ta’ala hayyun qadirun jabbarun qahirun la ya’tarihi qushurun wa la
‘ajzun wa la ta’khudzuhu sinatun wa la naumun wa la yu’aridhuhu fana-un wa la
mautun ; Wa annahu almunfaridu bil khalqi wal ikhtira’i, almutawahhidu bil
ijadi wal ibda’i wa annahu ‘alimun bijami’il ma’lumati, muhithun bima yajri
min tukhumil ardhini ila a’las samawati, la ya’zubu ‘an ‘ilmihi mitsqala
dzarratin fil ardhi wa la fis sama-i bal ya’lamu dabiban namlatis sauda-i
‘alash shakhratish shama-i fil lailatil dhulama-i wa yudriku harakatadz
dzarri fi jawwil hawa-i wa ya’lamul sirra wa akhfa wa yuththali’u ‘ala
hawajisidh dhama-iri wa harakatil khawathiri wa khafayatis sara-iri bil
‘ilmin qadimin azalin, lam yazal maushufan bihi fil azalil aazali.
|
dan bahwasannya Allah didalam dzatnya bisa diketahui
wujudnya dengan akal-akal manusia, akan diperlihatkan dzat Allah dengan
mata-mata kepala manusia nanti di akhirat sebagai nikmat dari Allah, sebagai
bentuk kasih sayang Allah kepada orang-orang yang baik dan sebagai
penyempurna dari Allah bagi penduduk surga dengan melihat kepada wajah Allah
yang mulia Dan bahwasannya Allah ta’ala itu dzat yang maha hidup, yang maha
mampu, yang maha memaksa dan kehendaknya tidak bisa dibantah, tidak mengenai
Allah kekurangan dan juga kelemahan dan tidak menimpa Allah rasa kantuk dan
juga tidur dan tidak menimpa Allah kerusakan dan kematian ; dan bahwasannya
Allah dzat yang bersendirian dalam hal menciptakan dan menjadikan, Allah dzat
yang bersendirian dalam hal mengadakan dan mewujudkan dan bahwasannya Allah
itu dzat yang maha mengetahui dengan semua perkara yang diketahui, dzat yang
meliputi dengan apa yang berjalan dari batas bumi sampai langit-langit yang
paling atas, tidak tersamar dari ilmu Allah seberat biji sawi dibumi dan
dilangit bahkan Allah mengetahui merangkaknya semut hitam dibatu yang keras
dimalam yang gelap dan Allah mengetahui gerakan benda-benda kecil diangkasa
dan Dia Allah mengetahui rahasia dan sesuatu yang lebih samar dan Allah
mengetahui lintasan-lintasan hati manusia dan gerakan-gerakan yang terlintas
dalam hati-hati manusia dan rahasia-rahasia yang samar dengan ilmu Allah yang
terdahulu yang selama-lamanya, Dia Allah terus-menerus akan disifati dengan
yang demikian itu didalam waktu yang selama-lamanya.
|
وأنه تعالى مريد
للكائنات ، مدبر للحادثات ، فلا يجرى فى الملك والملكوت أمر إلا بقضائه وقدره وحكمته
ومشيئته ، فما شاء كان وما لم يشأ لم يكن لا راد لأمره ، ولا معقب لحكمه وأنه
تعالى سميع بصير ، لا يعزب عن سمعه مسموع وإن خفى ، ولا يغيب عن رؤيته مرئي وإن
دق ، ولا يحجب سمعه بعد ، ولا يدفع رؤيته ظلام ، لا يشبه سمعه وبصره سمع وبصر
الخلق ، كما لا تشبه ذاته ذات الخلق وأنه تعالى متكلم آمر ناه ، واعد متوعد ،
وأن القرآن والتوراة والإنجيل والزبور كتبه المنزلة على رسله عليهم السلام
بكلامه الذي هو صفة ذاته لا خلق من خلقه ، وأن القرآن كلام الله ليس بمخلوق
فيبيد ، ولا صفة لمخلوق فينفد.
|
Wa annahu ta’ala muridu lilka-inati, mudabbiu
lilhaditsati, fala yajri fil mulki walmalakuti amrun illa biqadha-ihi wa
qadarihi wa hikmatihi wa masyi-atihi, fama sya-a kana wa ma lam yasya’ lam
yakun la radda li-amrihi wa la mu’aqqiba lihukmihi Wa annahu ta’ala sami’un
bashirun la ya’zubu ‘an sam’ihi masmu’un wa in khafiya wa la yaghibu ‘an
ru’yatihi mar-iyun wa in daqqa wa la yahjubu sam’ahu bu’dun wa la yadfa’u
ru’yatahu zhulamun la yutsbihu sam’ahu wa basharahu sam’un wa basharul khalqi
kama tusybihu dzatuhu dzatal khalqi Wa annahu ta’ala mutakallimun aamirun
nahin, wa’idun mutawa’’idun, wa annal qur-ana wat taurata wal injila waz
zabura kutubuhu almunazzalatu ‘ala rusulihi ‘alaihimus salamu bikalamihi
alladzi huwa shifatu dzatihi la khuliqa min khalqihi wa annal qur-ana kalamullahi
laisa bimakhluqin fayabidu la shifatun limakhluqin fayanfudu.
|
Dan sesungguhnya Allah ta’ala yang menghendaki terhadap
barang-barang yang ada dijagad raya ini, yang mengatur terhadap barang-barang
yang baru kejadiannya, maka tidak berjalan dialam nyata dan alam yang tidak
nyata satu perkarapun kecuali dengan keputusan Allah dan taqdirnya dan
hikmahnya dan kehendaknya, maka apa yang Allah kehendaki pasti terjadi dan
apa yang Allah tidak kehendaki pasti tidak terjadi, tidak ada yang menolak
terhadap keputusan Allah dan tidak ada yang menuntut hukumnya Dan
sesungguhnya Allah ta’ala adalah dzat yang maha mendengar, dzat yang maha
melihat, tidak samar dari pendengaran Allah barang yang bisa didengar
meskipun dia itu samar, dan tidak samar dari pengawasan Allah barang yang
bisa dilihat meskipun dia itu lembut, dan pendengaran Allah tidak terhalang
oleh jauhnya jarak dan pengawasan Allah itu tidak tertolak oleh gelapnya
malam, pendengaran dan penglihatan Allah itu tidak sama dengan pendengaran
dan penglihatan makhluk sebagaimana dzat Allah itu tidak sama dengan dzatnya
makhluk Dan bahwasannya Allah ta’ala adalah dzat yang berbicara, dzat yang
memerintah, dzat yang melarang, dzat yang berjanji, dzat yang mengancam, dan
bahwasannya alqur-an dan taurat dan injil dan zabur adalah kitab-kitab Allah,
yang diturunkan atas rasul-rasulnya alaihis salam dengan firmannya yang dia
itu sifat dzatnya Allah, yang tidak diciptakan dari makhluknya, dan bahwa
alqur-an itu adalah firman Allah bukan makhluk maka menjadi jelas beda alqur-an
tersebut, dan alqur-an itu tidaklah sifat bagi makhluk maka bisa hilang
alqur-an itu.
|
وأنه سبحانه وتعالى لا
موجود سواه إلا وهو حادث بفعله ، فائض من عدله ، على أحسن الوجوه وأكملها ،
وأتمها وأعدلها وأنه حكيم فى أفعاله عادل فى أقضيته فكل ما سواه إنس وجن وملك ،
وسماء وأرض وحيوان ونبات وجماد ، ومدرك ومحسوس حادث اخترعه بقدرته بعد العدم
اختراعا وأنشأه إنشاء بعد أن لم يكن شيئا إذ كان فى الأزل موجودا وحده ولم يكن
معه غيره ، فأحدث الخلق بعد ذلك إظهارا لقدرته وتحقيقا لما سبق من إرادته ولما
حق فى الأزل من كلمته ، لا لإفتقاره إليه وحاجته.
|
Wa annahu subhanahu wa ta’ala la maujudu siwahu illa wa
huwa haditsun bifi’lihi fa-idhun min ‘adlihi ‘ala ahsanil wujuhi wa akmaliha
wa atamiha wa a’adiliha Wa annahu hakimun fi af’alihi ‘adilun fi aqdhiyatihi
fakullu ma siwahu insun wa jinnun wa malakun wa sama-un wa ardhun wa
hayawanun wa nabatun wa jamadun wa mudrikun wa mahsusun haditsun ikhtara’ahu
biqudratihi ba’dal ‘adami ikhtira’an Wa ansya-ahu insya-an ba’da an lam yakun
syai-an idz kana fil azali maujudan wahdahu wa lam yakun ma’ahu ghairuhu
fa-ahdatsal khalqa ba’da dzalika izhharan liqudratihi wa tahqiqan lima sabaqa
min iradatihi wa lima haqqa fil azali min kalimatihi la li-iftiqarihi ilaihi
wa hajatihi.
|
Dan bahwasannya Allah subhanahu wa ta’ala tidak ada
barang yang maujud selain Allah kecuali dia itu barang yang baru kejadiannya
dengan perbuatannya, yang itu muncul dari keadilannya, atas sebaik-baik
wajah, sesempurna-sesempurna dan seadil-adilnya Dan bahwasannya Allah adalah
dzat yang bijaksana dalam perbuatan-perbuatannya, dzat yang adil dalam
keputusannya maka setiap apa yang selain Allah baik itu manusia, dan jin, dan
malaikat, dan langit, dan bumi, dan tumbuh-tumbuhan, dan benda padat, dan
barang yang terlihat oleh mata, dan barang yang bisa dirasa oleh pancaindra
itu semua adalah barang yang baru kejadiannya yang Allah menciptakannya
dengan benar mencipta dengan kekuasaannya setelah itu semua tidak ada Dan
Allah menumbuhkan barang yang baru kejadiannya dengan benar-benar menumbuhkan
setelah barang yang baru itu tidak ada sama sekali karena Allah itu dizaman
azali telah ada sendirian dan tidak ada bersama Allah selainnya maka Allah
menjadikan makhluk makhluk setelah itu karena ingin menunjukan terhadap
kekuasaannya dan mewujudkan terhadap apa yang telah lewat dari kehendaknya
dan terhadap apa yang telah hak dizaman azali dari kalimahnya Allah, bukan
karena butuhnya Allah kepada makhluk dan hajatnya.
|
وأنه متفضل بالخلق
والإختراع والتكليف لا عن وجوب ، ومتطول بالإنعام والإصلاح لا عن لزوم فله الفضل
والإحسان ، والنعمة والإمتنان ، وأنه عز وجل يثيب عباده المؤمنين على الطاعات
بحكم الكرم والوعد لا بحكم اللزوم له ، إذ لا يجب عليه لأحد فعل ، ولا يتصور منه
ظلم ، ولا يجب لأحد عليه حق ، وأن حقه فى الطاعات واجب على الخلق بإيجابه على
ألسنة أنبيائه عليهم السلام لا بمجرد العقل ، ولكنه بعث الرسل وأظهر صدقهم
بالمعجزات الظاهرة فبلغوا أمره ونهيه ووعده ووعيده فوجب على الخلق تصديقهم فيما
جاءوا به.
|
wa annahu mutafadhdhilun bil khalqi wal ikhtira’i wat
taklifi la ‘an wujubin wa mutathawwilun bil-in’ami wal ishlahi la ‘an luzumin
Falahul fadhlu wal ihsanu wan ni’matu wal imtinanu wa annahu ‘azza wa jalla
yutsibu ‘ibadahul mu’minina ‘ala tha’atin bihukmil karami wal wa’di la
bihukmil luzumi lahu idz la yajibu ‘alaihi li-ahadin fi’lun wa la
yutashawwaru minhu zhulmun wa la yajibu li-ahadin ‘alaihi haqqun wa anna
haqqahu fith tha’atin wajibun ‘alal khalqi bi-ijabihi ‘ala alsinati
anbiya-ihi ‘alaihimus salamu La bimujarradil ‘aqli wa lakinnahu ba’atsar
rusula wa azhhara shidqahum bilmu’jizatin azhzhahiratin fabalaghu amrahu wa nahyahu
wawa’dahu wawa’idahu fawajaba ‘alal khalqi tashdiqahum fima ja-u bihi.
|
dan bahwasannya Allah itu menganugerahkan keutamaan
dengan penciptaan dan pengadaan dan membebani diri, tidak dari perkara yang
wajib, dan memberikan dengan berbagai nikmat dan kebaikan, tidak dari perkara
yang wajib Maka milik Allah keutamaan dan kebaikan dan nikmat dan pemberi
anugerah, dan bahwasannya Allah azza wa jalla adalah yang memberikan pahala
kepada hamba-hambanya atas perbuatan-perbuatan taat dengan hukum kemuliaan dan
janji Allah, tidak dengan hukum wajib baginya, karena tidak wajib perbuatan
itu atas Allah bagi seseorang dan tidak digambarkan daripada perbuatan Allah
itu kedhaliman dan tidak wajib bagi seseorang menuntut hak atas Allah dan
bahwasannya haknya Allah itu dalam perbuatan-perbuatan taat yang wajib
ditunaikan atas makhluk dengan mewajibkan perbuatan taat itu atas lisannya
para nabi ‘alaihis salam Tidak karena semata-mata akal, akan tetapi Allah
mengutus para rasul dan Allah menunjukan kebenaran mereka dengan
mukjizat-mukjizat yang jelas maka mereka para rasul menyampaikan perintah
Allah, larangannya, janjinya dan ancamannya maka wajib atas makhluk untuk
membenarkan mereka para rasul pada apa yang mereka datang dengannya.
|
وأنه بعث النبي الأمي
القرشي محمدا صلى الله عليه وسلم برسالته إلى العرب والعجم والجن والإنس ، وأنه
ختم الرسالة والنبوة ببعثته ، فجعله آخر المرسلين بشيرا ونذيرا وداعيا إلى الله
بإذنه وسراجا منيرا ، وأنزل عليه كتابه الحكيم ، وشرح به دينه القويم ، وهدى به
الصراط المستقيم وألزم الخلق تصديقه فى جميع ما أخبر به ، وأن الساعة آتية لا
ريب فيها ، وأن الله يبعث من يموت كما بدأهم يعودون ، وأنه تعالى قد خلق الجنة
فأعدها دار خلود لأوليائه وأكرمهم فيها بالنظر إلى وجهه الكريم ، وخلق النار
فأعدها دار خلود لمن كفر به وألحد فى آياته وكتبه ورسله وجعلهم محجوبين عن
رؤيته.
|
wa annahu ba’atsan nabiyya al-ummiyyi alqurasyi
muhammadan shallallahu ‘alaihi wa sallama birisalatihi ilal ‘arabi wal ‘ajami
wal jinni wal-insi wa annahu khatamur risalati wan nubuwwati biba’tsatihi
faja’alahu aakhiral mursalina basyiran wa nadziran wa da’iyan ilallahi
bi-idznihi wa sirajan muniran wa anzala ‘alaihi kitabahu alhakimu wa syarraha
bihi dinahul qawimu wa hada bihi ashshirathal mustaqima Wa alzamal khalqa
tashdiqahu fi jami’i ma akhbara bihi, wa annas sa’ata aatiyatun la raiba fiha
wa annallaha yub’itsu man yamutu kama bada-ahum ya’uduna, wa annahu ta’ala
qad khalaqal jannata dara khuludin li-auliya-ihi wa akramahum fiha bin
nazhari ila wajhihil karimu wa khalaqan nara fa’addaha dara khuludin liman
kafara bihi wa alhada fi aayatihi wa kutubihi wa rusulihi wa ja’alahum
mahjubina ‘an ru’yatihi.
|
dan bahwasannya Allah mengutus seorang nabi yang ummi
yang bersuku quraisy, yaitu nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam
dengan kerasulannya kepada bangsa arab dan selain arab, bangsa jin dan
manusia, dan bahwasannya beliau adalah penutup kerasulan dan kenabian maka
Allah menjadikannya seorang yang terakhir dari para rasul dalam keadaan
beliau adalah pemberi khabar gembira dan pemberi peringatan dan yang mengajak
kepada Allah dengan ijinnya dan beliau seperti lentera yang menyinari dan
Allah dzat yang maha bijaksana menurunkan kepadanya kitabnya dan Allah
menjelaskan dengannya agamanya yang lurus dan memberi petunjuk dengannya
jalan yang lurus Dan Allah mewajibkan makhluknya untuk membenarkan nabi
muhammad dalam semua apa yang beliau telah mengkhabarkannya dan bahwa hari
kiamat itu akan datang yang tidak ada keraguan padanya, dan bahwa Allah
ta’ala membangkitkan orang yang mati sebagaimana Allah memulai kehidupan
mereka lalu mereka itu dikembalikan kepada Allah, dan bahwasannya Allah
ta’ala sungguh telah menciptakan surga maka Allah sediakan surga itu sebagai
tempat kekekalan untuk wali-walinya dan Allah muliakan mereka disurga dengan
melihat kepada wajahnya yang mulia dan Allah menciptakan neraka maka Allah
sediakan neraka itu sebagai tempat kekekalan untuk orang yang kufur kepada
Allah dan menentang ayat-ayatnya, kitab-kitabnya dan rasul-rasulnya, dan
Allah menjadikan mereka dihalangi dari melihat wajah Allah.
|
وندين بأن لا نكفر أحدا
من أهل القبلة بذنب يرتكبه كالزنا والسرقة وشرب الخمور ، وندين بأن لا ننزل أحدا
من أهل التوحيد والمتمسكين بالإيمان جنة ولا نارا إلا من شهد له رسول الله صلى
الله عليه وسلم بالجنة ونرجو الجنة للمذنبين ، ونخاف عليهم أن يكونوا بالنار معذبين
، ونقول إن الله عز وجل يخرج قوما من النار بعد أن امتحشو بشفاعة رسول الله صلى
الله عليه وسلم تصديقا لما جاءت به الروايات عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ،
ونؤمن بعذاب القبر ، وأن الله عز وجل يوقف العباد فى الموقف ويحاسب المؤمنين وندين
بحب السلف الذين اختارهم الله عز وجل لصحبة نبيه عليه السلام ، ونثني عليهم بما
أثنى الله عليهم ونتولاهم أجمعين.
|
Wa nudinu bi-an la nukaffira ahadan min ahlil qiblati
bidzanbin yartakibuhu kaz zina was sariqati wa syurbil khumuri, wa nudinu
bi-an la nunazzila ahadan min ahlit tauhidi wal mutamassikina bil-imani
jannatan wa la naran illa man syahida lahu rasulullahi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bil jannati wa narjul jannata lilmudznibina wa nakhafu ‘alaihim an
yakunu binnari mu’adzdzabina wa naqulu innallaha ‘azza wa jalla yukhriju
qauman minan nari ba’da an imtahasyu bisyafa’ati rasulillahi shallallahu
‘alaihi wa sallama tashdiqan lima ja-at bihir riwayatun ‘an rasulillahi
shallallahu ‘alaihi wa sallama wa nu’minu bi’adzabil qabri wa annallaha ‘azza
wa jalla yuqiful ‘ibada fil mauqifi wa yuhasibul mu’minina Wa nudinu bihubbis
salafi alladzina ikhtarahumullahu ‘azza wa jalla lishuhbati nabiyyihi
‘alaihis salamu wa nutsni ‘alaihim bima atsnallahu ‘alaihim wa natawallhum
ajma’ina.
|
Dan kita berpegang teguh dengan prinsip agama dengan
kami tidak menganggap kafir seseorang dari ahlul qiblat karena dosa yang dia
melakukannya seperti zina, mencuri dan minum minuman-minuman keras, dan kita
berpegang teguh dengan prinsip agama dengan kami tidak menurunkan derajat
seseorang dari ahlut tauhid dan orang-orang yang berpegang teguh dengan iman
tentang surga dan juga neraka kecuali siapa yang rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersaksi dengannya tentang jaminan masuk surga dan kami
berharap bisa masuk surga bagi orang-orang yang berbuat dosa dan kami takut
atas mereka mereka itu disiksa dalam neraka dan kami berkata : sesungguhnya
Allah azza wa jalla mengeluarkan suatu kaum dari neraka setelah mereka gosong
jazadnya karena dibakar dineraka karena syafa’at rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam karena membenarkan terhadap apa yang datang dengannya
riwayat-riwayat dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kami
beriman dengan siksa kubur dan bahwa Allah ‘azza wa jalla menempatkan para
hamba ditempat pemberhentian dan Allah menghisab orang-orang yang beriman Dan
kami berpegang teguh dengan prinsip agama dengan mencintai salaf, yakni
orang-orang yang Allah ‘azza wa jalla telah memilihnya karena menjadi sahabat
nabinya ‘alaihis salam dan kami memuji kepada mereka dengan apa Allah memuji kepada
mereka dan kami mencintai mereka semuanya.
|
ونقول : إن الإمام
الفاضل بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم أبو بكر الصديق رضوان الله عليه ، وأن
الله أعز به الدين وأظهره على المرتدين ، وقدمه المسلمون للإمامة كما قدمه رسول
الله صلى الله عليه وسلم للصلاة وسموه بأجمعهم خليفة رسول الله صلى الله عليه
وسلم ثم عمر بن الخطاب رضي الله عنه ، ثم عثمان بن عفان رضي الله عنه ، وأن
الذين قاتلوه قاتلوه ظلما وعدوانا ثم على ابن أبي طالب رضي الله عنه.
|
wa naqulu : innal imama alfadhila ba’da rasulillah
shallallahu ‘alaihi wa sallam abu bakrin ashshidqi ridhwanullahi ‘alaihi, wa
annallaha ‘azza bihid dina wa azhharahu ‘alal murtadina wa qaddamahul
muslimuna lil-imamati kama qaddamahu rasulullahi shallallahu ‘alaihi wa
sallama lishshalati wa sammuhu bi-ajma’ihim khalifatan rasulillahi
shallallahu ‘alaihi wa sallam tsumma ‘umaru ibnul khaththabi radhiyallahu
‘anhu tsumma ‘utsmanu ibnu ‘affana radhiyallahu ‘anhu wa innalladzina
qataluhu qataluhu zhulman wa ‘udwanan tsumma ‘aliyyu ibnu abi thalibin
radhiyallahu anhu.
|
dan kami berkata : sesungguhnya imam yang mulia setelah
meninggalnya rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah abu bakar
ashshidiq semoga keridhoan atasnya dan bahwa Allah memuliakan dengannya
agamanya dan Allah menampakan kemuliaannya mengalahkan orang-orang yang
murtad dan beliau telah dipilih oleh kaum muslimin untuk menjadi pemimpin
sebagaimana beliau telah dipilih oleh rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
untuk menjadi imam sholat dan para sahabat menamai beliau dengan kesepakatan
mereka sebagai khalifah (pengganti) rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
kemudian umar bin alkhaththab semoga Allah meridhainya kemudian utsman bin
‘affan semoga Allah meridhainya dan sesungguhnya mereka membunuhnya, mereka
membunuhnya dalam keadaan berbuat aniaya dan permusuhan kemudian ali bin abi
thalib semoga Allah meridhainya.
|
فهؤلاء الأئمة بعد رسول
الله صلى الله عليه وسلم وخلافتهم خلافة النبوة ، ونتولى سائر أصحاب رسول الله
صلى الله عليه وسلم ونكف عما شجر بينهم ، ونعول فيما اختلفنا فيه على كتاب ربنا
وسنة نبينا وإجماع المسلمين وما كان فى معناه ، ولا نبتدع فى دين الله ما لم
يأذن لنا ولا نقول على الله ما لا نعلم ، ونرى الصدقة عن موتى المسلمين والدعاء
لهم نافعا ونؤمن بأن الله ينفعهم بذلك ونقول : إن الصالحين يجوز أن يخصهم الله
بآيات يظهرها عليهم.
|
Fa ha-ula-il aimmatu ba’da rasulillahi shallallahu
‘alaihi wa sallama wa khilafatihim khilafatun nubuwwati wa natawalla sa-ira
ashhabi rasulillahi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa nakuffu ‘amma syajara
bainahum wa na’ulu fima ikhtalafna fihi ‘ala kitabi rabbina wa sunnati nabiyyina
wa ijma’il muslimina wa ma kana fi ma’nahu w la nabtadi’u fi dinillahi ma lam
ya’dzanu lana wa la naqulu ‘alallahi ma la na’lamu wa narash shadaqata ‘an
mautal muslimina wad du’a-a lahum nafi’an wa nu’minu bi-annallaha yunfi’uhum
bidzalika wa naqulu : innash shalihina yajuzu an yakhushshuhumullaha
bi-aayyatin yazhharuha ‘alaihim.
|
Maka mereka itulah para imam setelah meninggalnya
rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan pengganti mereka sebagai
pengganti kenabian dan kami mencintai seluruh para sahabat rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kami menahan diri dari apa yang
diperselisihkan diantara mereka dan kami kembali pada apa yang berselisih
didalamnya kepada kitab tuhan kami dan sunah nabi kita dan kesepakatan kaum
muslimin dan apa yang dia itu semakna dengannya dan kami tidak berbuat bid’ah
dalam agama Allah apa yang Allah tidak mengijini untuk kami dan kami tidak
berkata atas Allah apa yang kami tidak mengetahui dan kami berpendapat bahwa
shadaqah dari orang-orang islam yang telah meninggal dunia dan berdoa untuk
mereka itu bermanfaat dan kami beriman bahwa Allah memberi manfaat kepada
mereka dengan hal itu dan kami berkata : sesungguhnya orang-orang yang shaleh
boleh mereka mengkhususkan Allah dengan ayat-ayat yang jelas atas mereka.
|
<<<<<== teks sebelumnya_klik4
> < teks setelahnya_klik6 == >>>>>
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar