Kamis, 14 Februari 2019

muraja'ah kitab alfiqhul wadhih juz1 (alwudhu-u : berwudhu).

Kitab Al Fiqhul Wadhih Karya Mahmud Yunus rahimahullahu ta'ala :

@ngajikitabalfiqhulwadhih/S=0002/klik.


الوضوء

يا ولدي ، قد عرفت كيفية الوضوء وجميع أعماله ، ولآن نريد أن نعرف أن تلك الأعمال بعضها فروض ، لا يصح الوضوء بتركها وهذه تسمى الأركان أو الواجبات ، وبعضها غير فروض فيصح الوضوء بتركها ولكن الثواب الذي تناله من الله أقل ، وهذه تسمى السنن أو المندوبات ؛ الفرض – الركن – الواجب ؛ السنة – المندوب.

فروض الوضوء

وفروض الوضوء ستة :

[1]: النية ، فتنوي بقلبك رفع الحدث ، أو تنوى فرض الوضوء طلبا لرضاء الله.

[2]: غسل الوجه ، وطوله من منابت شعر الرأس المعتاد إلى ما تحت مجمع اللحيين ، وعرضه من الأذن اليمنى إلى الأذن اليسرى.

[3]: غسل اليدين مع المرفقين.

[4]: مسح بعض الرأس  من بشره أو شعره الذي فى حده.

[5]: غسل الرجلين مع الكعبين.

[6]: الترتيب فى أفعال الوضوء كما ذكرنا.

سنن الوضوء

وسنن الوضوء إثنتا عشرة : [1]: التسمية (قراءة بسم الله الرحمن الرحيم). [2]: غسل الكفين إلى الكوعين. [3]: السواك بأراك أو فرجون أو كل شيئ خشن. [4]: المضمضة وهي إدخال الماء فى الفم. [5]: الإستنشاق وهو إدخال الماء فى الأنف. [6]: تخليل اللحية الكثة. [7]: مسح جميع الرأس. [8]: مسح الأذنين بماء جديد. [9]: تخليل أصابع اليدين والرجلين. [10]: تقديم اليمنى على اليسرى. [11]: تثليث الطهارة. [12]: الموالاة.

التي تبطل الوضوء

يا بني ؛ إذا توضأت وضوءا كاملا يجوز ذلك أن تصلى به الصلوات المتعددة ما لم تأت الأمور التي تبطل وضوئك ، والأمور التي تبطله تسمى نواقض الوضوء.

نواقض الوضوء

وينقض الوضوء خمسة أشياء : [1]: خروج شيئ من أحد السبيلين كبول وغائط (براز). [2]: النوم على هيئة غير المتمكن من الأرض بمقعده أما النوم على هيئة المتمكن فلا يبطل الوضوء. [3]: زوال العقل بسكر أو مرض أو جنون أو إغماء. [4]: لمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل وهو ناقض للامس والملموس ولو كان هناك حائل فلا نقض حينئذ. [5]: مس فرج الآدمي ببطن الكف ، وهو ناقض للامس دون الملموس.

نواقض الوضوء

وينقض الوضوء خمسة أشياء : [1]: خروج شيئ من أحد السبيلين كبول وغائط (براز). [2]: النوم على هيئة غير المتمكن من الأرض بمقعده أما النوم على هيئة المتمكن فلا يبطل الوضوء. [3]: زوال العقل بسكر أو مرض أو جنون أو إغماء. [4]: لمس الرجل المرأة الأجنبية من غير حائل وهو ناقض للامس والملموس ولو كان هناك حائل فلا نقض حينئذ. [5]: مس فرج الآدمي ببطن الكف ، وهو ناقض للامس دون الملموس.

ما يحرم على من بطل وضوءه

إذا انتقض وضوءك حرم عليك ثلاثة أشياء : [1]: الصلاة. [2]: مس المصحف وحمله. [3]: الطواف بالكعبة.

حكمة الوضوء

كل من يتوضا يغسل فمه وأنفه وأذنيه ووجهه ويديه ورجليه فيزيل عن هذه الأعضاء الأقذار والأتربة وغيرها وبذلك يصبح نظيفا ، ومتى كان الإنسان نظيفا كثر نشاطه ، فزاول أعماله بهمة ، ثم إنه يطرد عن نفسه بسبب نظافته الذاباب الذي يحمل جراثيم كثيرة من الأمراض فيأمن على صحته وسلامة جسمه. وعلى الجملة فغسل تلك الأعضاء كل يوم مرات عدة باعث للنشاط وتجديد الهمة كما أثبته الأطباء ، لهذا يمدح الله المتطهرين حيث يقول : (إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين) وقد أمرن الله تعالى بالتطهر قبل الصلاة فقال : [يا أيها الذين آمنوا إذا قمتم إلى الصلاة فاغسلوا وجوهكم وأيديكم إلى المرافق وامسحو  ا برءوسكم وأرجلكم إلى الكعبين).

Wudhu.

Wahai anakku, sungguh kamu telah tahu tentang tata cara wudhu dan semua amalan-amalan wudhu, dan sekarang kami ingin untuk memberitahu bahwa amalan-amalan itu sebagiannya hukumnya fardhu, tidak sah wudhu dengan meninggalkannya dan ini dinamakan rukun-rukun wudhu atau kewajiban-kewajiban wudhu, dan sebagiannya tidak fardhu maka sah wudhu dengan meninggalkannya akan tetapi pahala yang didapat dari Allah sangat sedikit dan ini dinamakan sunah-sunah wudhu atau mandub-mandubnya wudhu. Fardhu – sama dengan rukun – sama dengan wajib. Sunnah – sama dengan mandub.

Rukun-Rukun Wudhu

Dan rukun-rukun wudhu itu ada enam, yaitu :
[1]: Niat, maka kamu berniat dengan hatimu untuk menghilangkan hadas, atau kamu berniat melakukan kewajiban wudhu karena mencari keridhoan Allah.
[2]: Mencuci wajah, dan panjangnya adalah mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala yang biasa tumbuh rambut sampai apa yang dibawah terkumpulnya 2 tulang dagu, dan lebarnya mulai dari telinga yang kanan sampai telinga yang kiri.
[3]: Mencuci kedua tangan bersama dengan kedua siku-siku.
[4]: Mengusap sebagian kepala mulai dari kepalanya atau rambutnya yang ada didalam cakupannya.
[5]: Mencuci kedua kaki bersama kedua mata kaki.
[6]: Tertib atau berurutan dalam melakukan amalan-amalan wudhu sebagaimana yang telah kami sebutkan.

Sunah-Sunah Wudhu

Dan sunah-sunah wudhu ada 12, yaitu : [1]: Membaca tasmiyah, yaitu bacaan bismillahir rahmanir rahim. [2]: Mencuci kedua telapak tangan sampai kedua pergelangan. [3]: Menggosok gigi dengan siwak (kayu sikat gigi) atau sikat gigi atau segala sesuatu yang kasar. [4]: Berkumur-kumur, dan dia adalah memasukan air di mulut. [5]: Al-istinsyaq, dan dia adalah memasukan air di hidung. [6]: Menyela-nyela janggut yang tebal. [7]: Mengusap seluruh kepala. [8]: Mengusap kedua telingga dengan air yang baru. [9]: Menyela-nyela jari-jari kedua tangan dan kedua kaki. [10]: Mendahulukan yang kanan atas yang kiri. [11]: Mentigakalikan membasuh atau mencuci. [12]: Berurutan.

Yang Membatalkan Wudhu

Ya anakku ; Apabila kamu berwudhu dengan wudhu yang sempurna, membolehkan hal itu kamu gunakan melakukan sholat dengan sholat-sholat yang bermacam-macam selama kamu tidak melakukan perkara-perkara yang membatalkan wudhumu dan perkara-perkara yang membatalkan wudhu dinamakan pembatal-pembatal wudhu.

Pembatal-Pembatal Wudhu

Dan yang membatalkan wudhu ada 5 perkara : [1]: Keluar sesuatu dari salah satu di antara 2 jalan pembuangan kotoran manusia seperti kecing (buang air kecil) dan berak (buang air besar). [2]: Tidur diatas posisi yang tidak tetap dari tanah pada tempat duduknya, Adapun tidur diatas posisi yang tetap maka tidak batal wudhunya. [3]: Hilang akal karena mabuk atau sakit atau gila atau pingsan. [4]: Seorang laki-laki menyentuh seorang wanita yang bukan muhrim dengan tanpa alas (penghalang) maka tidak batal pada waktu itu dan hal itu membatalkan bagi orang yang menyentuh dan disentuh, dan seandainya disana ada penghalang maka tidak batal pada waktu itu. [5]: Menyentuh kemaluan manusia dengan perut telapak tangan dan itu adalah pembatal bagi orang yang menyentuh bukan orang yang disentuh.

Apa yang haram atas orang yang batal wudhunya

Apabila batal wudhumu haram atas dirimu 3 perkara : [1]: Sholat. [2]: Menyentuh mushaf alqur’an dan membawanya. [3]: Thawaf di ka’bah.

Hikmah Wudhu

Setiap orang yang berwudhu dia mencuci mulutnya, hidungnya, kedua telinganya, wajahnya, kedua tangannya dan kedua kakinya maka hilang dari anggota-anggota badan ini, kotoran-kotoran dan debu-debu dan selainnya dan dengan wudhu itu menjadi bersih anggota badannya, dan kapan manusia itu bersih anggota badannya, yaitu ketika dia banyak melakukan wudhu maka menuntut amalan-amalan manusia tersebut dengan niat, kemudian sesungguhnya dia membuang dari dirinya dengan sebab kebersihan badannya, lalat-lalat yang membawa bibit-bibit penyakit maka dia terjaga kesehatannya dan keselamatan badannya.

Dan kesimpulannya : maka mencuci anggota-anggota badan itu setiap hari beberapa kali itu mendorong untuk giat melakukannya dan memperbaharui niat sebagaimana telah ditetapkan oleh para dokter, oleh karena ini Allah memuji orang-orang yang mensucikan diri dimana Allah berfirman : (Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri) dan sungguh Allah ta’ala memerintahkan kita untuk bersuci sebelum kita melakukan sholat maka Allah berfirman : (Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat maka cucilah wajahmu dan tanganmu sampai siku-siku dan usaplah kepalamu dan cucilah kakimu sampai dengan kedua mata kaki).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar