Senin, 04 Februari 2019

muraja'ah kitab almabadi-ul fiqhiyyah ala madzhabi imam syafi'i juz1 part2.

Kitab Al Mabadiul Fiqhiyyah 'Ala Madzhabi Al Imam Asy Syafi'i radhiyyallahu 'anhu Al Juz-ul Awwal Karya Al Ustadz Umar Abdul Jabbar rahimahullahu ta'ala:

@ngajikitabalmabadiulfiqhiyyah/S=0002/klik.


سؤال : ما الإسلام ؟.
جواب : هو الدين الذي بعث الله به سيدنا محمدا صلى الله عليه وسلم لهداية الناس وسعادتهم.

Tanya : Apakah arti islam itu ?.
Jawab : Islam adalah suatu agama yang mana Allah mengutus junjungan kita nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dengan membawa suatu agama untuk memberi petunjuk kepada manusia dan juga untuk memberi kebahagiaan kepada mereka.

سؤال : كم أركان الإسلام ؟.
جواب : أركان الإسلام خمسة : الأول شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله ، الثانى إقام الصلاة ، الثالث إيتاء الزكاة ، الرابع صوم رمضان ، الخامس حج البيت للمستطيع.

Tanya : Berapa banyak rukun islam itu ?.
Jawab : Rukun islam itu ada lima, yaitu Pertama : Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah dan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah, Kedua : Mendirikan shalat, Ketiga : Memberikan zakat, Keempat : Berpuasa di bulan ramadhan. Kelima : Berhaji di baitullah bagi yang mampu.

سؤال : ما معنى أشهد أن لا إله إلا الله ؟.
جواب : معناه : أعتقد أن الله واحد لا شريك له فى عبادته ولا فى ملكه.

Tanya : Apa arti 'Asyhadu alla ilaha illallah' [saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah] ?.
Jawab : Artinya adalah saya meyakini bahwa Allah itu maha Esa, tiada sekutu baginya dalam beribadah dan tdak pula dalam kekuasaan Allah.

سؤال : ما معنى أشهد أن محمدا رسول الله ؟.
جواب : معناه : أعتقد أن سيدنا محمدا رسول الله لجميع الخلق ويجب طاعته فيما أمر وتصديقه فيما أخبر واجتناب ما نهى عنه وزجر.

Tanya : Apa arti 'Asyhadu anna muhammadan rasulullah' [saya bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah] ?.
Jawab : Artinya adalah saya meyakini bahwa junjungan kita nabi Muhammad adalah utusan Allah untuk seluruh makhluk dan wajib mentaati dalam hal apa yang di perintahkan dan membenarkan beliau dalam hal apa yang di kabarkan serta menjauhi apapun yang beliau larang dan beliau cegah.

سؤال : ما معنى إقام الصلاة ؟.
جواب : معناه فعل الصلوات الخمس.

Tanya : Apa arti mendirikan shalat ?.
Jawab : Artinya adalah melakukan shalat lima waktu.

سؤال : ما الصلوات الخمس ؟.
جواب : هي الصبح والظهر والعصر والمغرب والعشاء.

Tanya : Apa saja shalat lima waktu itu ?.
Jawab : Shalat lima waktu adalah subuh, dhuhur, 'ashar, maghrib dan 'isya.

سؤال : ماذا يلزم قبل الصلاة ؟.
جواب : يلزم قبل الصلاة الوضوء.

Tanya : Apa yang di wajibkan sebelum melakukan shalat ?.
Jawab : Sebelum melakukan shalat di wajibkan berwudhu.

سؤال : كم فروض الوضوء ؟.
جواب :  فروض الوضوء ستة : الأول النية ، الثاني غسل الوجه ، الثالث غسل اليدين مع المرفقين ، الرابع مسح بعض الرأس ، الخامس غسل الرجلين مع الكعبين ، السادس الترتيب.

Tanya : Berapa hal yang termasuk fardhunya wudhu ?.
Jawab : Yang termasuk fardhunya wudhu ada enam hal, yaitu : Pertama : Niat. Kedua : Membasuh muka atau wajah. Ketiga : Membasuh kedua tangan sampai ke siku. Keempat : Mengusap sebagian kepala. Kelima : Membasuh kedua kaki serta kedua mata kaki. Keenam : Tertib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar