Sabtu, 08 Juni 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabul Buyuu'i - karya ibnu hajar al'asqalani episode kesepuluh.

Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 186 [seratus delapan puluh enam] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0010/klik.

باب الإقرار :
[911]- عن أببي ذر رضي الله عنه قال : قال لي النبي صلى الله عليه وسلم : قل الحق ولو كان مرا ؛ صححه ابن حبان من حديث طويل [*].

==[*]- لفظه قال : أوصاني خليلي صلى الله عليه وسلم : أن أنظر إلى من هو أسفل مني ولا أنظر إلى من هو فوقي وأن أحب المساكين وأن أدنو منهم وأن أصل رحمي وإن قطعوني وجفوني وأن أقول الحق ولو كان مرا.

Bab tentang Pengakuan :
[911]- Dari abu dzarr semoga Allah meridhainya berkata : nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada saya : katakanlah yang hak (yang sebenarnya) meskipun pahit ; hadis ini dishahihkan oleh ibnu hibban dari hadis yang panjang.

==[*]- lafadznya berkata abu dzarr : berwasiat kepadaku kekasihku, yakni nabi shallallahu alaihi wa sallam : agar saya memandang kepada orang yang dia lebih rendah dari saya (dalam hal duniawi) dan agar supaya saya tidak melihat kepada orang yang diatas saya dan agar supaya saya mencintai orang-orang miskin dan supaya mendekat dari mereka dan agar supaya saya menyambung hubungan kerabat meskipun mereka memutuskan aku dan berbuat kasar dengan saya dan agar supaya saya mengucapkan alhak meskipun pahit.

<<<<<== teks sebelumnya_klik9 > < teks setelahnya_klik11 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar