Rabu, 29 Mei 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabuth Thahaarati - karya ibnu hajar al'asqalani episode ketiga.

Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 23 [dua puluh tiga] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0003/klik.

باب إزالة النجاسة ، وبيانها
[27]-عن أنس بن مالك رضي الله عنه ، قال : سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الخمر : تتخذ خلا ؟ قال : (( لا )) أخرجه مسلم والترمذي وقال : حسن صحيح.

Bab tentang Menghilangkan Najis dan Penjelasannya.
[27]-Dari anas bin malik semoga Alah meridhainya, berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di tanya tentang khamr [minuman keras] : yang di jadikan cuka ?, beliau bersabda : 'Tidak boleh', hadis di keluarkan oleh imam muslim dan attirmidzi, dan berkata attirmidzi : hadis hasan shahih.

[28]-وعنه رضي الله عنه ، قال : لما كان يوم خيبر ، أمر رسول الله أبا طلحة ، فنادى : (( إن الله ورسوله ينهيانكم عن لحوم الحمر الأهلية ، فإنها رجس )) متفق عليه.

[28]-Dan dari anas bin malik semoga Allah meridhainya, berkata : tatkala terjadi perang khaibar, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan abu thalhah, untuk mengumumkan : 'Sesungguhnya Allah dan Rasulnya melarang kalian dari daging-daging keledai peliharaan maka dia itu adalah kotor', hadis di riwayatkan oleh bukhari muslim.

[29]-وعن عمرو بن خارجة رضي الله عنه قال : خطبنا النبي صلى الله عليه وسلم بمنى ، وهو على راحلته ، ولعابها يسيل علي كتفي ، أخرجه أحمد والترمذي وصححه.

[29]-Dan dari amr bin kharijah semoga Allah meridhainya, berkata : nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkhutbah di mina dalam keadaan beliau di atas ontanya, dan air liur ontanya mengalir atau menetes pada pundakku, hadis di keluarkan oleh ahmad dan attirmidzi dan hadis ini di shahihkan oleh attirmidzi.

 [30]-وعن عائشة رضي الله عنها ، قالت : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يغسل المني ، ثم يخرج إلى الصلاة في ذلك الثوب ، وأنا أنظر إلى أثر الغسل ، متفق عليه.

[30]-Dan dari 'aisyah semoga Allah meridhainya, berkata: adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beliau mencuci air mani, kemudian beliau keluar untuk shalat dengan memakai pakaian itu, dan saya melihat pada bekas cuciannya hadis di riwayatkan oleh bukhari muslim.

[31]-ولمسلم : لقد كنت أفركه من ثوب رسول الله صلى الله عليه وسلم فركا ، فيصلي فيه. 

[31]-Dan pada riwayat imam muslim : 'Aisyah berkata : sungguh saya mengerik atau mengikis air mani dari baju Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan benar-benar mengikis, maka beliau shalat dengan baju tersebut.

[32]-وفي لفظ له : لقد كنت أحكه يابسا بظفري من ثوبه.

[32]-Dan pada lafadz lain bagi riwayat muslim : saya mengikisnya, yakni air mani dalam keadaan kering dengan kuku saya dari bajunya [nabi shallallahu 'alaihi wa sallam].

[33]-وعن أبي السمح رضي الله عنه ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( يغسل من بول الجارية ، ويرش من بول الغلام )) أخرجه أبو داود والنسائي ، وصححه الحاكم.

[34]-Dan dari abu samh semoga Allah meridhainya, berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 'di cuci karena terkena air kencing anak perempuan, dan di perciki karena terkena air kencing anak laki-laki', hadis di keluarkan oleh abu dawud dan annasai, dan di shahihkan oleh alhakim.

[34]-وعن أسماء بنت أبي بكر رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال - في دم الحيض يصيب الثوب - (( تحثه ، ثم تقرصه بالماء ، ثم تنضحه ، ثم تصلي فيه )) متفق عليه.

[34]-Dan dari asma' bin abi bakar semoga Allah meridhai mereka berdua bahwa nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda - tentang darah haid yang mengenai pakaian - : 'Engkau menggosok atau mengkikis baju tersebut, kemudian engkau menggosoknya dengan air, kemudian engkau mencucinya, kemudian engkau shalat dengan baju tersebut', hadis di riwayatkan oleh bukhari muslim.

[35]-وعن أبي هريرة رضي الله عنه ، قال : قالت خولة : يا رسول الله ، فإن لم يذهب الدم ؟ قال : (( يكفيك الماء ، ولا يضرك أثر )) أخرجه الترمذي ، وسنده ضعيف.

[36]-Dan dari abu hurairah semoga Allah meridhainya, berkata : berkata khaulah : ya Rasulullah, maka bagaimana jika darah haid itu tidak hilang ? beliau bersabda : 'cukup bagimu mencuci dengan air, dan bekasnya tidak membahayakan kesuciannya', hadis di keluarkan oleh attirmidzi, dan sanad hadis ini adalah lemah.

<<<<<== teks sebelumnya_klik2 > < teks setelahnya_klik4 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar