Selasa, 28 Mei 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabuth Thahaarati - karya ibnu hajar al'asqalani episode kedua.

Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 22 [dua puluh dua] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0002/klik.

باب الآنية
[18]-عن حذيفة بن اليمان رضي الله عنهما ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( لا تشربوا في آنية الذهب والفضة ، ولا تأكلوا في صحافهما ، فإنها لهم في الدنيا ، ولكم في الآخرة )) متفق عليه.

Bab tentang Bejana atau Tempat Air
[18]-Dari khudzaifah bin alyaman semoga Allah meridhai mereka berdua, berkata : bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Jangan kalian kalau minum itu dari bejana yang terbuat dari emas dan perak, dan jangan kalian makan dengan piring yang terbuat dari keduanya, maka sesungguhnya itu bagi mereka yakni orang kafir di dunia, dan bagi kalian di akhirat', hadis riwayat bukhari muslim.

[19]-وعن أم سلمة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( الذي يشرب في إناء الفضة إنما يجرجر في بطنه نار جهنم )) متفق عليه.

[19]-Dan dari ummu salamah semoga Allah meridhainya, berkata : bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Orang yang minum dari bejana yang terbuat dari perak, hanyalah dia memasukan api neraka jahannam ke dalam perutnya', hadis riwayat bukhari muslim.

[20]-وعن ابن عباس رضي الله عنهما ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( إذا دبغ الإهاب فقد طهر )) أخرجه مسلم.

[20]-Dan dari ibnu abbas semoga Allah meridhai mereka berdua, berkata : bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Apabila telah di samak kulit bangkai maka sungguh telah suci', hadis ini di keluarkan oleh imam muslim.

[21]-وعند الأربعة : (( أيما إهاب دبغ )).

[21]-Dan pada riwayat imam yang empat : 'Bangkai apa saja yang di samak'.

[22]-وعن سلمة بن المحبق رضي الله عنه ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( دباغ جلود الميتة طهورها )) صححه ابن حبان.

[22]-Dan dari salamah bin almuhabbiq semoga Allah meridhainya, berkata : bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : 'Menyamak kulit bangkai binatang itu sebagai pensucinya', hadis ini di shahihkan oleh ibnu hibban.

[23]-وعن ميمونة رضي الله عنها ، قالت : مر النبي صلى الله عليه وسلم بشاة يجرونها ، فقال : (( لو أخذتم إهابها ؟ )) فقالوا : إنها ميتة ، فقال : (( يطهرها الماء والقرظ )) أخرجه أبو داود والنسائي.

[23]-Dan dari maimunah semoga Allah meridhainya, berkata : nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melewati dengan seekor kambing, yang sedang di seret oleh mereka [para sahabat] maka beliau bersabda : 'Alangkah baiknya seandainya kalian mau mengambil atau memanfaatkan kulitnya ?', maka mereka berkata : sesungguhnya itu bangkai, maka beliau bersabda : 'Akan mensucikan kulit bangkai, yaitu air dan daun salam', hadis di keluarkan oleh abu dawud dan annasai.

[24]-وعن أبي ثعلبة الخشني رضي الله عنه ، قال : قلت : يا رسول الله ، إنا بأرض قوم أهل كتاب ، أفنأكل في آنيتهم ؟ قال : (( لا تأكلوا فيها ، إلا أن لا تجدوا غيرها ، فاغسلوها ، وكلوا فيها )) متفق عليه.

[24]-Dan dari abi tsa'labah semoga Allah meridhainya, berkata : aku berkata : kami tinggal di negeri ahlul kitab [yahudi dan nasoro], maka apakah kami boleh makan pada bejana-bejana mereka ? beliau bersabda : 'Jangan kamu makan dengan bejana-bejana mereka kecuali kamu tidak mendapatkan selainnya maka cucilah bejana tersebut dan makanlah dengan bejana tersebut', hadis di riwayatkan bukhari muslim.

[25]-وعن عمران بن حصين رضي الله عنه : أن النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه توضئوا من مزادة امرأة مشركة ، متفق عليه ، في حديث طويل.

[25]-Dan dari imran bin hushain semoga Allah meridhainya : bahwa nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya mereka berwudhu dari bejana milik seorang wanita musyrik, hadis di riwayatkan oleh bukhari muslim, pada hadis yang panjang.

[26]-وعن أنس بن مالك رضي الله عنه : أن قدح النبي صلى الله عليه وسلم انكسر ، فاتخذ مكان الشعب سلسلة من فضة ، أخرجه البخاري.

[26]-Dan dari anas bin malik semoga Allah meridhainya : bahwa gelas nabi shallallahu 'alaihi wa sallam retak atau pecah, maka anas menyambung tempat retaknya gelas itu dengan pengikat yang terbuat dari perak, hadis ini di keluarkan oleh imam bukhari.

<<<<<== teks sebelumnya_klik1 > < teks setelahnya_klik3 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar