Kajian Kitabul
Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman :
175 (seratus tujuh puluh lima) ; Karya Imam
Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya : Tema Pembahasan : haramnya jual beli atau tukar menukar
pada 6 (enam) barang ribawi dengan melebihkan timbangannya dan tidak kontan
bila ditukar dengan barang yang sejenis dan hukum jual beli emas dengan cara
cicilan atau kredit emas adalah termasuk dari riba.
|
@ngajisyarahbulughulmaram/S=0035/klik.
|
كتاب البيوع
= Kitab Jual Beli
|
= Audio kajian =
|
Dalil Hadits
tentang haramnya jual beli atau tukar menukar pada 6 (enam) barang ribawi
dengan melebihkan timbangannya dan tidak kontan bila ditukar dengan barang
yang sejenis adalah Sebagai Berikut :
|
[854]- وعن عبادة بن الصامت قال : قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم : الذهب بالذهب والفضة بالفضة والبر بالبر والشعير
بالشعير والتمر بالتمر والملح بالملح مثلا بمثل سواء بسواء يدا بيد فإذا اختلفت
هذه الأصناف فبيعوا كيف شئتم إذا كان يدا بيد ؛ رواه مسلم.
dan dari
‘ubadah bin ashshamit, dia berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda : jual beli emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan
gandum, jelai dengan jelai, kurma dengan kurma, garam dengan garam yang sama,
yang sebanding, serah terima secara kontan maka apabila berbeda jenis-jenis ini
maka juallah sebagaimana sekehendak kalian apabila hal itu adalah serah terima
secara kontan ; hadits diriwayatkan oleh imam muslim.
Faedah hadits
bulughul maram nomer : 854 – kitab jual beli adalah Sebagai Berikut :
|
Apabila berbeda
barang, seperti : 1 gram emas ditukar 10 gram perak, ini boleh dan
disyari’atkan harus kontan dan hal ini tergantung kesepakatan.
Pertama :
Hadits ini sebagai dalil tentang haramnya jual beli dengan melebihkan pada
jenis barang yang sama yang disebutkan dalam hadits.
Kedua :
Haramnya jual beli atau tukar-menukar barang yang sama apabila kedua orang itu
belum saling menerima dan tidak saling berpisah dalam majlis akad.
Ketiga : Sahnya
akad jual beli barang yang disebutkan dalam hadits apabila saling menerima dan
sama ukurannya ; jumhur ulama berpendapat haram pula untuk barang-barang yang
lain karena disyaratkan barang sama ; madzhab dhohiriyah : selain yang
disebutkan dalam hadits ini tidak dilarang.
Keempat : di
perbolehkan jual beli atau tukar-menukar barang-barang yang disebutkan dalam
hadits ini, dengan saling melebihkan dan tidak kontan apabila jenis barangnya
berbeda, seperti jual beli emas dengan perak, emas dengan gandum, gandum dengan
kurma namun disyaratkan kontan atau saling menerima dalam majlis akad walaupun
ada kebihan.
Kelima :
Bolehnya jual beli emas dengan perak, saling melebihkan akan tetapi disyaratkan
menerima di majlis akad.
Dalil Hadits
tentang hukum jual beli emas dengan cara cicilan atau kredit emas adalah
termasuk dari riba, karena alasan ribawinya adalah harga maka disyaratkan
harus kontan adalah Sebagai Berikut :
|
[855]- وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم : الذهب بالذهب وزنا بوزن مثلا بمثل والفضة بالفضة وزنا بوزن مثلا بمثل
فمن زاد أو استزاد فهو ربا ؛ رواه مسلم.
dan dari abu
hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda : Emas dengan emas yang sama timbangannya yang sama, dan
perak dengan perak yang sama timbangannya yang sama maka barang siapa yang
menambahkan atau meminta tambah maka itu riba ; hadits ini diriwayatkan oleh
imam muslim.
Faedah hadits
bulughul maram nomer : 855 – kitab jual beli adalah Sebagai Berikut :
|
Hadits ini
sebagai dalil bahwa ukuran yang ditentukan untuk menyamakan disini adalah
dengan timbangan, tidak dengan perkiraan atau taksiran, ini ukuran yang syar’i
; apabila emas yang mengkilat ingin ditukar dengan emas yang tidak mengkilat,
timbangan sama dan ingin melebihkan maka harus dengan jual beli terlebih dulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar