Selasa, 16 Juli 2019

Ngaji syarah bulughul maram - karya imam ibnu hajar al'asqalani episode ketiga puluh lima.

Kajian Kitabul Buyu’ yang diambil dari Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 175 (seratus tujuh puluh lima) ; Karya Imam Ibnu Hajar Al’Asqalani semoga Allah merahmatinya : Tema Pembahasan : haramnya jual beli atau tukar menukar pada 6 (enam) barang ribawi dengan melebihkan timbangannya dan tidak kontan bila ditukar dengan barang yang sejenis dan hukum jual beli emas dengan cara cicilan atau kredit emas adalah termasuk dari riba.

@ngajisyarahbulughulmaram/S=0035/klik.

كتاب البيوع = Kitab Jual Beli

Dalil Hadits tentang haramnya jual beli atau tukar menukar pada 6 (enam) barang ribawi dengan melebihkan timbangannya dan tidak kontan bila ditukar dengan barang yang sejenis adalah Sebagai Berikut :

[854]- وعن عبادة بن الصامت قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الذهب بالذهب والفضة بالفضة والبر بالبر والشعير بالشعير والتمر بالتمر والملح بالملح مثلا بمثل سواء بسواء يدا بيد فإذا اختلفت هذه الأصناف فبيعوا كيف شئتم إذا كان يدا بيد ؛ رواه مسلم.

dan dari ‘ubadah bin ashshamit, dia berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : jual beli emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, jelai dengan jelai, kurma dengan kurma, garam dengan garam yang sama, yang sebanding, serah terima secara kontan maka apabila berbeda jenis-jenis ini maka juallah sebagaimana sekehendak kalian apabila hal itu adalah serah terima secara kontan ; hadits diriwayatkan oleh imam muslim.

Faedah hadits bulughul maram nomer : 854 – kitab jual beli adalah Sebagai Berikut :

Apabila berbeda barang, seperti : 1 gram emas ditukar 10 gram perak, ini boleh dan disyari’atkan harus kontan dan hal ini tergantung kesepakatan.

Pertama : Hadits ini sebagai dalil tentang haramnya jual beli dengan melebihkan pada jenis barang yang sama yang disebutkan dalam hadits.

Kedua : Haramnya jual beli atau tukar-menukar barang yang sama apabila kedua orang itu belum saling menerima dan tidak saling berpisah dalam majlis akad.

Ketiga : Sahnya akad jual beli barang yang disebutkan dalam hadits apabila saling menerima dan sama ukurannya ; jumhur ulama berpendapat haram pula untuk barang-barang yang lain karena disyaratkan barang sama ; madzhab dhohiriyah : selain yang disebutkan dalam hadits ini tidak dilarang.

Keempat : di perbolehkan jual beli atau tukar-menukar barang-barang yang disebutkan dalam hadits ini, dengan saling melebihkan dan tidak kontan apabila jenis barangnya berbeda, seperti jual beli emas dengan perak, emas dengan gandum, gandum dengan kurma namun disyaratkan kontan atau saling menerima dalam majlis akad walaupun ada kebihan.

Kelima : Bolehnya jual beli emas dengan perak, saling melebihkan akan tetapi disyaratkan menerima di majlis akad.

Dalil Hadits tentang hukum jual beli emas dengan cara cicilan atau kredit emas adalah termasuk dari riba, karena alasan ribawinya adalah harga maka disyaratkan harus kontan adalah Sebagai Berikut :

[855]- وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الذهب بالذهب وزنا بوزن مثلا بمثل والفضة بالفضة وزنا بوزن مثلا بمثل فمن زاد أو استزاد فهو ربا ؛ رواه مسلم.

dan dari abu hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Emas dengan emas yang sama timbangannya yang sama, dan perak dengan perak yang sama timbangannya yang sama maka barang siapa yang menambahkan atau meminta tambah maka itu riba ; hadits ini diriwayatkan oleh imam muslim.

Faedah hadits bulughul maram nomer : 855 – kitab jual beli adalah Sebagai Berikut :

Hadits ini sebagai dalil bahwa ukuran yang ditentukan untuk menyamakan disini adalah dengan timbangan, tidak dengan perkiraan atau taksiran, ini ukuran yang syar’i ; apabila emas yang mengkilat ingin ditukar dengan emas yang tidak mengkilat, timbangan sama dan ingin melebihkan maka harus dengan jual beli terlebih dulu.

<<<<<== teks sebelumnya_klik34 > < teks setelahnya_klik36 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar