Minggu, 27 Januari 2019

Ngaji Hidaayatul Mustafiid - karya syaikh muhammad almahmud episode pertama.

Kitab Hidaayatul Mustafiid Fii Ahkaamit Tajwiidi, Halaman : 4 (empat) ; Karya Al Kaamil Al Adiib Wa An Najiib Al Labiib As Sayyid Asy Syaikh Muhammad Al Mahmuud rahimahullahu ta'ala :

@ngajihidaayatulmustafiid/0001/klik.

مقدمة
سؤال : ما حقيقة التجويد لغة واصطلاحا ؟.
جواب : التجويد لغة الإتيان بالجيد واصطلاحا علم يعرف به إعطاء كل حرف حقه ومستحقه من الصفا والمدود وغير ذلك كالترقيق والتفخيم ونحوهما.

Muqaddimatu :
Su-aalun : maa haqiiqatut tajwiidi lughatan washthilaahan ?.
Jawaabun : attajwiidu lughatan al-ityaanu bil jayyidi washthilaahan ‘ilmun yu’rafu bihi i’thaa-u kulli harfin haqqahu wa mustahaqqahu minash shifaati wal muduudi wa ghairi dzaalika kat tarqiiqi wat tafhiimi wa nahwihimaa.

Pendahuluan :
Tanya : Apa hakikat tajwid menurut bahasa dan istilah ?.
Jawab : Hakikat tajwid menurut bahasa ialah mendatangkan dengan yang bagus dan menurut istilah adalah suatu ilmu yang di ketahui dengannya memberikan setiap huruf haknya dan yang di minta haknya daripada sifat-sifatnya dan mad-madnya dan selain itu seperti tebal, tipis dan yang seumpama dengan keduanya.

سؤال : ما غاية علم التجويد ؟.
جواب : غايته بلوغ النهاية في إتقان لفظ القرآن على ما تلقي من الحضرة النبوية الأفصحية وقيل غايته صون اللسان عن الخطاء في كتاب الله تعالى.

Su-aalun : maa ghaayatu ‘ilmit tajwiidi ?.
Jawaabun : ghaayatuhu buluughun nihaayati fii itqaani lafzhil qur-aani ‘alaa maa tuluqqiya minal hadhratin nabawwiyyatil afshahiyyati wa qiila ghaayatuhu shaunul lisaani ‘anil khathaa-i fii kitaabillaahi ta’aalaa.

Tanya : Apa tujuan ilmu tajwid ?.
Jawab : Tujuannya adalah untuk mencapai kesempurnaan dalam membaca lafadz alqur'an sesuai dengan yang di terima dari hadirat nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang paling fasih bacaannya dan di katakan tujuannya adalah untuk menjaga lisan dari kesalahan di dalam membaca kitabnya Allah ta'ala.

سؤال : ما حكم الشارع في علم التجويد ؟.
جواب : التجويد لا خلاف فى أنه فرض كفاية والعمل به فرض عين على كل مسلم ومسلمة من المكلفين.

Su-aalun : maa hukmusy syaari’i fii ‘ilmit tajwiidi ?.
Jawaabun : attajwiidu laa khilaafa fii annahu fardhu kifaayatin wal ‘amalu bihi fardhu ‘ainin ‘alaa kulli muslimin wa muslimatin minal mukallafiina.

Tanya : Apa hukumnya bagi orang yang menjalani syari’at tentang mempelajari ilmu tajwid ?.
Jawab : mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah (bila sebagian orang telah melaksanakan maka sebagian yang lainnya gugur kewajibannya) dan beramal dengan ketika membaca alqur’an itu hukumnya fardhu ‘ain bagi setiap muslim dan muslimah dari kalangan orang-orang yang telah mukalaf (terbebani hukum-hukum syari’at).

<<<<<== teks sebelumnya_klik0 > < teks setelahnya_klik2 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar