Kitab
Hidaayatul
Mustafiid Fii
Ahkaamit
Tajwiidi, Halaman : 4 (empat) ; Karya
Al Kaamil
Al Adiib Wa
An Najiib Al
Labiib As
Sayyid
Asy Syaikh Muhammad Al Mahmuud
rahimahullahu ta'ala :
|
@ngajihidaayatulmustafiid/0001/klik.
|
مقدمة
|
سؤال : ما حقيقة التجويد لغة واصطلاحا ؟.
|
جواب : التجويد لغة الإتيان بالجيد واصطلاحا
علم يعرف به إعطاء كل حرف حقه ومستحقه من الصفا والمدود وغير ذلك كالترقيق
والتفخيم ونحوهما.
|
Muqaddimatu :
|
Su-aalun : maa haqiiqatut tajwiidi lughatan
washthilaahan ?.
|
Jawaabun : attajwiidu lughatan al-ityaanu bil jayyidi
washthilaahan ‘ilmun yu’rafu bihi i’thaa-u kulli harfin haqqahu wa
mustahaqqahu minash shifaati wal muduudi wa ghairi dzaalika kat tarqiiqi wat
tafhiimi wa nahwihimaa.
|
Pendahuluan :
|
Tanya
: Apa hakikat tajwid menurut bahasa dan istilah ?.
|
Jawab
: Hakikat tajwid menurut bahasa ialah mendatangkan dengan yang bagus dan
menurut istilah adalah suatu ilmu yang di ketahui dengannya memberikan setiap
huruf haknya dan yang di minta haknya daripada sifat-sifatnya dan mad-madnya
dan selain itu seperti tebal, tipis dan yang seumpama dengan keduanya.
|
سؤال : ما غاية علم التجويد ؟.
|
جواب : غايته بلوغ النهاية في إتقان لفظ
القرآن على ما تلقي من الحضرة النبوية الأفصحية وقيل غايته صون اللسان عن الخطاء
في كتاب الله تعالى.
|
Su-aalun : maa ghaayatu ‘ilmit tajwiidi ?.
|
Jawaabun : ghaayatuhu buluughun nihaayati fii itqaani
lafzhil qur-aani ‘alaa maa tuluqqiya minal hadhratin nabawwiyyatil
afshahiyyati wa qiila ghaayatuhu shaunul lisaani ‘anil khathaa-i fii
kitaabillaahi ta’aalaa.
|
Tanya
: Apa tujuan ilmu tajwid ?.
|
Jawab
: Tujuannya adalah untuk mencapai kesempurnaan dalam membaca lafadz alqur'an
sesuai dengan yang di terima dari hadirat nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
yang paling fasih bacaannya dan di katakan tujuannya adalah untuk menjaga
lisan dari kesalahan di dalam membaca kitabnya Allah ta'ala.
|
سؤال : ما حكم الشارع في علم التجويد ؟.
|
جواب : التجويد لا خلاف فى أنه فرض كفاية
والعمل به فرض عين على كل مسلم ومسلمة من المكلفين.
|
Su-aalun : maa hukmusy syaari’i fii ‘ilmit tajwiidi ?.
|
Jawaabun : attajwiidu laa khilaafa fii annahu fardhu
kifaayatin wal ‘amalu bihi fardhu ‘ainin ‘alaa kulli muslimin wa muslimatin
minal mukallafiina.
|
Tanya : Apa hukumnya bagi orang yang menjalani syari’at
tentang mempelajari ilmu tajwid ?.
|
Jawab : mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah
(bila sebagian orang telah melaksanakan maka sebagian yang lainnya gugur
kewajibannya) dan beramal dengan ketika membaca alqur’an itu hukumnya fardhu
‘ain bagi setiap muslim dan muslimah dari kalangan orang-orang yang telah
mukalaf (terbebani hukum-hukum syari’at).
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar