Muraja’ah
Kitab fathul izar fi kasyfil asrari li-auqatil hartsi wa khilqatil abkar ; Karya : H. Abdullah Fauzi
rahimahullahu ta’ala :
|
@ngajikitabfathulizar/S=0003/klik.
|
بيان الحرث وأسرار أوقاته : إعلم أن المقصود الأعظم من
النكاح التعبد والتقرب واتباع سنة الرسول وتحصيل الولد والنسل لأنه به بقاء
العالم وانتظامه وبتركه وإهماله خرابه ودراسه ومعلوم أنه أنه لا يحصل الحصاد إلا
بنثر البذر على الأرض أولا وحرثها وزرعها بطرق وكيفيات معلومة عند الفلاح
وانتظامه المدد إلى بدو الصلاح وكذلك لا يحصل الولد والنسل إلا ببث بذر الزوج
على مزرعته وزرعته التى هي حليلته.
|
Bayanul
hartsi wa asrari auqatihi : i’lam annal maqshudal a’zhama minan nikahi
atta’abbudu wat taqarrubu wat tiba’u sunnatir rasuli wa tahshilul waladi wan
nasli li-anna bihi baqa-al ‘alami wan tizhamahu wa bitarkihi wa ihmalihi
kharabuhu wa dirasuhu wa ma’lumu annahu la yahshulul hashadu illa binatsril
badzri ‘alal ardhi awwalan, wa hartsiha wa zar’iha bithuruqin wa kaifiyyatin
ma’lumatin ‘indal falahi – wantizharil madadi ila buduwwish shalahi – wa
kadzalika la yahshulul waladu wan naslu illa bibatstsi badzriz zauji ‘ala
mazra’atihi wa zar’atihi allatii hiya halilatuhu.
|
Penjelasan
tentang jimak (bersetubuh) dan rahasia waktu-waktunya : ketahuilah olehmu
bahwa yang dimaksud yang paling agung daripada nikah adalah menghambakan diri
dan mendekatkan diri dan mengikuti sunah rasul – dan mendapatkan anak dan
keturunan, karena dengan adanya pernikahan akan tetapnya dan teraturnya alam
– dan dengan meninggalkan pernikahan dan tidak peduli dengan urusan nikah itu
menghancurkan dan memusnakan alam dan dapat diketahui bahwasannya panen itu
tidak akan didapat kecuali dengan menaburkan benih diatas bumi pada awalnya
dan mengolah dan merawatnya dengan jalan-jalan dan tata cara yang diketahui
disisi seorang petani dan menunggu waktu sampai nampak baiknya – dan demikian
pula tidak akan mendapatkan anak dan keturunan kecuali dengan menyebar benih
seorang suami atas ladangnya dan sawahnya yang itu adalah halal baginya.
|
قال تعالى : نساؤكم حرث لكم فأتوا حرثكم أني شئتم وقدموا لأنفسكم
؛ الآية وسبب نزول هذه الآية أن المسلمين قالوا : إنا نأتي النساء باركات
وقائمات ومستلقيات ومن بين أيديهن ومن خلفهن بعد أن يكون المأتي واحدا.
|
Qala ta’ala :
nisa-ukum hartsun lakum fa’tu hartsakum anna syi’tum wa qaddimu li-anfusikum
– al-aayata ; wa sababu nuzuli hadzihil aayati annal muslimina qalu : innaa
na’tiin nisa-a barikatin wa qa-imatin wa mustalqiyatin wa min baini
aidiiyahinna wa min khalfihinna ba’da an yakunal ma’tiyyu wahidan.
|
Allah ta’ala
berfirman : wanita-wanita kalian adalah seperti sawah bagi kalian maka
datangilah sawah kalian dari arah mana saja yang kalian sukai dan kalian
utamakan untuk diri-diri kalian – bacalah olehmu ayat ini, dan sebab turunnya
ayat ini adalah bahwa kaum muslimin mereka mengatakan : sesungguhnya kami mendatangi
wanita-wanita dengan berlutut dan berdiri dan berbaring dan arah depat mereka
dan dari arah belakang mereka setelah itu tempat yang didatangi itu adalah
satu, yaitu lubang kemaluan wanita.
|
فقالت اليهود : ما أنتم إلا أمثال البهائم لكنا
نأتيهن على هيئة واحدة وإنا لنجد فى التوراة أن كل إتيان تؤتي النساء غير
الإستلقاء دنس عند الله فأكذب الله تعالى اليهود ففي هذه الآية دلالة على جواز
إتيان الرجل زوجته على أي كيفية وحال شاء من قيام وقعود واستلقاء ومن أي جهة شاء
من فوق ومن تحت ومن وراء ومن قدام وفي أي وقت شاء فى الليل أو النهار بعد أن كان
فى صمام واحد.
|
Faqalatil
yahudu : ma antum illa amtsalul baha-imi lakinna na’tiihinna ‘ala hai-atin
wahidatin – wa innaa lanajidu fit taurati anna kulla ityanin tu’tan nisa-u
ghairal istilqa-i danasun ‘indallahi fa-akdzaballahu ta’ala alyahuda fafi
hadzihil aayati dilalatun ‘ala jawazi ityanir rajuli zaujatahu ‘ala ayyi
kaifiyyatin wa halin sya-a min qiyamin wa qu’udin wa istilqa-in wa min ayyi
jihatin sya-a min fauqin wa min tahtin wa min wara-in wa min quddamin wa fi
ayyi waqtin sya-a fil laili au annahari ba’da an kana fi shimamin wahidin.
|
Maka berkata
orang yahudi : tidaklah kalian itu kecuali seperti binatang akan tetapi kita
mendatangi mereka dengan satu model – dan sesungguhnya kami mendapati dalam
kitab taurat bahwa setiap kali menggauli wanita dalam keadaan wanita itu
didatangi selain berbaring itu adalah perbuatan kotor disisi Allah maka Allah
ta’ala mendustakan orang yahudi maka dalam ayat ini ada dalil yang menunjukan
atas bolehnya seorang laki-laki mendatangi istrinya dengan cara dan keadaan
apa saja yang dia kehendaki seperti berdiri dan duduk dan berbaring dan dari
arah mana saja yang dia kehendaki seperti dari atas dan dari bawah dan dari
belakang dan dari depan dan diwaktu kapan saja yang dia kehendaki dimalam
hari atau disiang hari setelah itu dia berjimak disatu lubang, yaitu kemaluan
wanita.
|
لكن قال أهل العلم : من جامع زوجتة فى ليلة الجمعة يصير
الولد حافظا فى كتاب الله تعالى ؛ ومن جامع فى ليلة السبت يكون الولد مجنونا ؛
ومن جامع فى ليلة الأحد يكون الولد سارقا لملك غيره أو ظالما ؛ ومن جامع فى ليلة
الإثنين يكون الولد فقيرا أو مسكينا أو راضيا لأمر الله وقضائه ؛ ومن جامع فى
ليلة الثلاثاء يكون الولد بارا للوالدين ؛ ومن جامع فى ليلة الأربعاء يكون الولد
كثير العقل أو كثير العلم أو كثير الشكر ؛ ومن جامع فى ليلة الخميس يكون الولد
مخلصا فى قلبه ؛ ومن جامع فى ليلة العيد يكون الولد ذا ست أصابع ؛ ومن جامع
زوجته مع التكلم يكون الولد أبكم ؛ ومن جامع فى ظلمة يكون الولد ساحرا ؛ ومن
جامع مع السراج يكون الولد حسن الصورة ؛ ومن جامع رائيا عورة المرأة يكون الولد
أعمى أو أعمى القلب ؛ ومن جامع سائل الزاد لسفر يكون الولد كاذبا ؛ ومن جامع تحت
الشجرة المطعوم ثمرها يكون الولد مقتول الحديد أو مقتول الغرق أو مات فى هدم
الشجرة.
|
Lakin qala
ahlul ‘ilmi : man jama’a zaujatahu fi lailatil jum’ati yashirul waladu
hafizhan fi kitabillahi ta’ala – wa man jama’a fi lailatis sabti yakunul
waladu majnunan – wa man jama’a fi lailatil ahadi yakunul waladu sariqan
limilki ghairihi au zhaliman – wa man jama’a fi lailatil itsnaini yakunul
waladu faqiran au miskinan au radhiyan li-amrillahi wa qadha-ihi – wa man
jama’a fi lailatits tsulatsa-i yakunul waladu barran lil walidaini – wa man
jama’a fi lailatil arba-i yakunul waladu katsiral ‘aqli au katsiral ‘ilmi au
katsirasy syukri – wa man jama’a fi lailatil khamisi yakunul waladu
mukhlishan fi qalbihi – wa man jama’a fi lailatil ‘idi yakunul waladu dza
sitti ashabi’a – wa man jama’a zaujatahu ma’at takallumi yakunul waladu
abkama – wa man jama’a fi zhulmatin yakunul waladu sahiran – wa man jama’a
ma’as siraji yakunul waladu hasanush shurati – wa man jama’a ra-iyyan
‘auratal mar-ati yakunul waladu a’ma au a’mal qalbi – wa man jama’a sa-ilaz
zadi lisafari yakunul waladu kadziban – wa man jama’a tahtasy syajarati
almath’umi tsamruha yakunul waladu maqtulal hadidi au maqtulal gharaqi au
mata fi hadmisy syajarati.
|
Akan tetapi
berkata orang yang berilmu : barangsiapa yang menggauli istrinya dimalam
jum’at maka anaknya itu akan menjadi seorang penghafal kitab Allah ta’ala –
dan barangsiapa yang menggauli istrinya dimalam sabtu maka anaknya akan
menjadi orang gila – dan barangsiapa yang menggauli istrinya dimalam ahad
maka anaknya akan menjadi seorang pencuri terhadap milik orang lain atau
seorang yang zhalim - dan barangsiapa
yang menggauli istrinya dimalam senin maka anaknya akan menjadi orang yang
faqir atau miskin atau seorang yang ridha terhadap perintah Allah dan
ketentuannya – dan barangsiapa yang menggauli istrinya selasa maka anaknya
akan menjadi seorang yang berbakti terhadap kedua orang tuanya – dan
barangsiapa yang menggauli istrinya dimalam rabu maka anaknya akan menjadi
orang yang banyak akalnya atau banyak ilmunya atau banyak syukurnya – dan
barangsiapa yang menggauli istrinya dimalam kamis maka anaknya akan menjadi
orang yang ikhlas dalam hatinya – dan barangsiapa yang menggauli istrinya
dimalam ‘id maka anaknya akan mempunyai 6 jari – dan barangsiapa yang
menggauli istrinya disertai berbicara maka anaknya akan menjadi orang yang
bisu – dan barangsiapa yang menggauli istrinya dalam posisi gelap maka anaknya
akan menjadi tukang sihir – dan barangsiapa yang menggauli istrinya disertai
terangnya lampu maka anaknya akan menjadi anak yang bagus rupa – dan
barangsiapa yang menggauli istrinya dalam keadaan melihat aurat istrinya maka
anaknya akan menjadi anak yang buta atau buta hatinya – dan barangsiapa yang
menggauli istrinya dalam keadaan dia seorang yang minta bekal untuk safarnya
maka anaknya akan menjadi seorang pendusta – dan barangsiapa yang menggauli
istrinya dibawah pohon yang dimakan buahnya maka anaknya akan dibunuh dengan
besi atau dibunuh karena tenggela atau mati disebabkan tertimpa pohon roboh.
|
قال أهل العلم : وينبغي للعروس أربعة أشياء ، أولها : أخذ
اليدين ؛ وثانيها : مس صدرها ؛ وثالثها : تقبيل الخدين ؛ ورابعها : قراءة
البسملة عند إدخال الذكر فى الفرج.
|
qala ahlul
‘ilmi : wa yanbaghi lil’arusi arba’atu asyya-a, awwaluha : akhdzul yadaini ;
wa tsaniha : massu shadriha ; wa tsalitsuha : taqbilul khaddaini ; warabi’uha
: qira-atul basmalati ‘inda idkhalidz dzakari fil farji.
|
Berkata orang
yang berilmu : dan seyogyanya bagi pengantin laki-laki itu ada 4 perkara yang
harus dilakukan, pertama : memegang kedua tangan istri, kedua : meraba
dadanya, ketiga : mencium kedua pipinya, dan keempat : membaca basmalah
ketika memasukan penis ke vagina istri.
|
وقال صلى الله عليه وسلم : من جامع زوجته عند الحيض
فكأنما جامع أمه سبعين مرة ؛ الحديث أو كما قال [نفيسة ظريفة] ؛ سئل بعض المشايخ
عن نعم الدنيا كم هي ؟ فأجاب بأنها كثيرة لا يحصى عددها ؛ قال تعالى : وإن تعدوا
نعمة الله لا تحصوها ؛ ولكن أعظمها انحصر فى ثلاثة أشياء : تقبيل النساء ولمسه
وإدخال الذكر فى الفرج ؛ قال الشاعر من بحر الرجز : ونعم الدنيا ثلاث تعتبر :
لمس وتقبيل وإدخال الذكر ؛ وقال آخر : ونعم الدنيا تحصر [دميك كوليت عامبوع كرو
بارع تورو].
|
Wa qala
shallallahu ‘alaihi wa sallama : man jaama’a zaujatahu ‘indal haidhi
faka-annama jaama’a ummahu sab’ina marratan – alhaditsa au kama qala –
[nafisatun zharifatun] ; su-ila ba’dhul masyayikhi ‘an ni’amid dunya kam hiya
? fa-ajaba bi-annaha katsiratun la yuhsha ‘adaduha – qala ta’ala : wa in
ta’udduha ni’matallahi la tuhshuha – wa lakin a’zhamuha inhashara fi
tsalatsati asyya-a : taqbilun nisa-i wa lamsiha wa idkhalidz dzakari fil
farji ; qala asysya’iru min bahrir rajazi : wa ni’amud dunya tsalatsun
tu’tabarun – lamsun wa taqbilun wa idkhaludz dzakari – wa qala aakharu : wa
ni’amud dunya tsalatsun tuhsharu [demek kulit, ngambung, karo bareng turu].
|
Dan nabi
shallallahu alaihi wa sallam bersabda : barangsiapa yang menggauli istrinya
ketika haidh maka seakan-akan dia menggauli ibunya sebanyak 70 kali – bacalah
olehmu hadis ini atau sebagaimana yang beliau sabdakan – [masalah pribadi
yang besar] ; ditanya sebagian masyayikh tentang nikmat-nikmat dunia ada
berapakah dia itu ? maka beliau menjawab bahwasannya nikmat dunia itu banyak
tidak bisa dihitung bilangannya – Allah ta’ala berfirman : dan jika kalian
menghitung-hitung nikmat Allah niscaya kamu tidak bisa menghitungnya – akan
tetapi nikmat dunia yang paling besar itu terbatas di 3 perkara, yaitu
mencium wanita, dan merabanya, dan memasukan penis kedalam vagina istri ;
berkata seorang penyair dari menggunakan bahrur rajaz : dan nikmat dunia itu
ada 3 yang dihitung : meraba wanita, dan mencium wanita dan memasukan penis ;
dan berkata penyair lain : dan nikmat dunia itu ada 3 yang dibatasi
[menyentuh kulit, mencium dan tidur bersama (senggama)].
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar