Sabtu, 16 Maret 2019

tanda-tanda seorang hamba kebahagian dan kemenangan - kitab alfawaid.

Kitab Alfawaid ; Karya : al imam abu abdillah Muhammad bin abu bakar bin ayyub ibnul qoyyim aljauziyah rahimahullahu ta'ala : 

@ngajiikitabalfawaid/S=0001/klik.

فصل : من علامات السعادة والفلاح : أن العبد كلما زيد فى علمه زيد فى تواضعه ورحمته وكلما زيد فى عمله زيد فى خوفه وحذره وكلما زيد فى عمره نقص من حرصه وكلما زيد فى ماله زيد فى سخائه وبذله وكلما زيد فى قدره وجاهه زيد فى قربه من الناس وقضاء حوائجهم والتواضع لهم.

Fashlun : min ‘alamatis sa’adati wal fallahi : annal ‘abda kullama zida fi ‘ilmihi zida fi tawadhu’ihi wa rahmatihi, wa kullama zida fi ‘amalihi zida fi tawadhu’ihi wa hadzarihi, wa kullama zida fi ‘umrihi naqasha min hirshihi, wa kullama zida fi malihi zida fi sakha-ihi wa badzlihi wa kullama zida fi qadarihi wa jahihi zida fi qurbihi minan nasi wa qadha-i hawa-ijihim wat tawadhdhu’i lahum.

Fasal : diantara tanda-tanda kebahagiaan dan kemenangan : bahwasannya seorang hamba setiap kali bertambah ilmunya maka dia bertambah pula sifat rendah dirinya dan sifat kasih sayangnya ; dan setiap kali bertambah amalannya maka dia bertambah pula rasa takutnya kepada Allah dan sifat kehati-hatiannya dia dalam beramal ; dan setiap kali dia bertambah umurnya maka semakin berkurang rasa tamaknya dia untuk mencari dunia ; dan setiap kali dia bertambah hartanya maka bertambah pula kedermawanannya dan semangatnya dalam shadaqah ; dan setiap kali dia bertambah kedudukannya dan jabatannya maka bertambah pula kedekatan dia daripada manusia dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka dan merendahkan diri dihadapan mereka.

وعلامات الشقاوة : أنه كلما زيد فى علمه زيد فى كبره وتيهه وكلما زيد فى عمله زيد فى فخره واحتقاره للناس وحسن ظنه بنفسه وكلما زيد فى عمره زيد فى حرصه وكلما زيد فى ماله زيد فى بخله وإمساكه وكلما زيد فى قدره وجاهه زيد فى كبره وتيهه.

Wa ‘alamatusy syaqawati : annahu kullama zida fi ‘ilmihi zida fi kibrihi wa tihihi wa kullama zida fi ‘amalihi zida fi fakhrihi wa ihtiqarihi lin nasi wa husni zhannihi binafsihi wa kullama zida fi ‘umrihi zida hirshihi wa kullama zida fi malihi zida fi bukhlihi wa imsakihi wa kullama zida fi qadarihi wa jahihi zida fi kibrihi wa tihihi.

Dan diantara tanda-tanda kesengsaraan seseorang adalah : seorang setiap kali dia bertambah ilmunya maka semakin bertambah pula kesombongannya dan kecongkakannya, dan setiap kali bertambah amalannya maka semakin bertambah pula rasa kebanggaannya dan sifat merendahkan terhadap manusia dan berbaik sangka dengan dirinya sendiri, dan setiap kali dia bertambah umurnya maka semakin bertambah pula semangatnya dia untuk mencari dunia, dan setiap kali bertambah hartanya maka semakin bertambah pula kebakhilannya dan menahan hartanya untuk shadaqah, da setiap kali dia bertambah kedudukannya dan jabatannya maka semakin bertambah pula kesombongannya dan kecongkakannya.

وهذه الأمور ابتلاء من الله وإمتحان يبتلي بها عباده فيسعد بها أقوام ويشقى بها أقوام.

Wa hadzihil umuru ibtala-un minallahi wa imtihanun yabtali biha ‘ibadahu fayas’adu biha aqwamun wa yasyqa biha aqwamun.

Dan perkara-perkara ini semua itu ujian dari Allah dan cobaan yang dengannya Allah menguji hamba-hambanya maka ada diantara mereka kaum-kaum itu yang bahagia dengan ujian tersebut dan ada diantara mereka kaum-kaum itu yang sengsara dengan ujian tersebut.

وكذلك الكرامات إمتحان وابتلاء كالملك والسلطان والماء ؛ قال تعالى عن نبيه سليمان لما رأى عرش بلقيس عنده : [هذا من فضل ربي ليبلوني أأشكر أو أكفر] [النمل : 40] فالنعم ابتلاء من الله وإمتحان يظهر به شكر الشكور وكفر الكفور كما أن المحن بلوى منه سبحانه فهو يبتلى بالمصائب.

Wa kadzalikal karamatu imtihanun wa ibtila-un kal mulki was sulthani wal mali ; qala ta’ala ‘an nabiyyihi sulaimana lamma ra-a ‘arsya balqisa ‘indahu : [hadza min fadhli rabbii liyabluwani a-asykuru au akfuru] [annaml : 40] fan ni’amu ibtila-un minallahi wa imtihanun yazhharu bihi syukrusy syakuri wa kufrul kafuri kama annal mihana balwi minhu subhanahu fahuwa yabtali bin ni’ami kama yabtali bil musha-ibi.

Dan demikian pula yang namanya kemuliaan-kemuliaan itu adalah ujian dan cobaan seperti kekuasaan dan kerajaan dan harta ; Allah ta’ala menyebutkan tentang nabiNya sulaiman tatkala beliau melihat singgasana balqis yang berada disisinya : [ini adalah keutamaan yang Allah berikan kepadaku untuk Allah menguji aku, Apakah aku termasuk orang-orang yang bersyukur atau aku termasuk orang yang kufur] [QS. An Naml : 40] maka kenikmatan-kenikmatan itu adalah ujian dan cobaan dari Allah yang dengannya akan nampak syukurnya orang-orang yang bersyukur dan kufurnya orang-orang yang kufur sebagaimana ujian itu adalah cobaan dari Allah subhanahu maka dia menguji hamba-hambanya dengan kenikmatan-kenikmatan sebagaimana Allah menguji mereka dengan musibah-musibah.

قال تعالى : [فأما الإنسان إذا ابتلاه ربه فأكرمه ونعمه فيقول : ربي أكرمن ؛ وأما إذا ما ابتلاه فقدر عليه رزقه فيقول : ربي أهانن ؛ كلا] [الفجر : 15-17] أي ليس كل من وسعت عليه وأكرمته ونعمته يكون ذلك إكراما مني له ولا كل من ضيقت عليه رزقه وابليته يكون ذلك إهانة مني له.

Qala ta’ala :[fa-ammal insanu idzab talahu rabbuhu fa-akramahu wa na’’amahu fayaqulu : rabbii akramani ; wa amma idzab talahu faqadara ‘alaihi rizquhu fayaqulu : rabbii ahanani ; kalla] [alfajr : 15-17] ai laisa kullu man wassa’tu ‘alaihi wa akramtuhu wa na’’amtuhu yakunu dzalika ikraman minnii lahu wa la kullu man dhayyaqtu ‘alaihi rizqahu wab talaituhu yakunu dzalika ihanatan minnii lahu.

Allah ta’ala berfirman : [maka adapun manusia apabil Allah mengujinya dengan Allah muliakan dan Allah beri kenikmatan kepadanya maka dia akan mengatakan : Tuhanku telah memuliakan aku ; dan adapun ketika mereka diuji oleh Allah dengan Allah menyempitkan rizkinya maka mereka akan mengatakan : Tuhanku telah menghinakan aku ; sekali-kali tidak demikian] [QS. Alfajr : 15-17] yakni tidak semua orang yang aku lapangkan atasnya, aku berikan kepadanya kemuliaan dan aku berikan kenikmatan tidaklah hal itu bentuk memuliakan dariku padanya dan juga tidak setiap orang yang aku sempitkan rizkinya dan aku uji dia bahwa itu adalah penghinaanku kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar