Kamis, 28 Maret 2019

dzikir dan rajah asma Allah ta'ala arrahman.

Kitab syamsul ma’arif alkubra (mataharinya ilmu-ilmu pengetahuan yang maha besar) juz kedua (02) halaman 161 ; karya Al imam Ahmad bin Ali Albuni rahimahullahu ta’ala.

@ngajikitabsyamsulma’arif/S=0006/klik.


[الفصل الثاني فى اسمه تعالى رحمن] هذا الإسم الشريف له مربع 5><5 يوصف بسر التداخل فى شرف زحل فصاحبه لا يزال يتقلب فى رضوان الله ولا يراه أحد إلا رق له وتتوالى عليه النعم ومن وضعه فى ماء وسقي منه صاحب الحمى الحارة ذهبت عنه لوقتها ومن أكثر من ذكره نظر الله له بعين الرحمة ويصلح ذكرا لمن كان اسمه عبد الرحمن ومن واظب على ذكره كان ملطوفا به فى سائر أحواله وهذه صورته كما ترى :

[alfashluts tsani fi ismihi ta’ala rahmanu] hadzal ismu asysyarifu lahu murabba’u 5x5 yushafu bisirrit tadakhuli fi syarafi zuhali fashahibuhu la yazalu yataqallabu fi ridhwanillahi wa la yarahu ahadun illa raqqa lahu wa tatawalla ‘alaihin ni’amu wa man wadha’ahu fi ma-i wa saqa minhu shahibal huma alharrati dzahabat ‘anhu liwaqtiha wa man aktsara min dzikrihi nazharallahu lahu bi’ainir rahmati wa yashluhu dzikran liman kana ismuhu abdurrahman wa man wazhaba ‘ala dzikrihi kana malthufan bihi fi sa-iri ahwalihi wa hadzihi shuratuhu kama tara :

[fasal yang kedua tentang nama Allah ta’ala rahmanu : dzat yang maha pengasih] rahman ini adalah nama yang mulia, asma ini memiliki rajah segiempat 5x5, asma rahman disifati dengan rahasianya huruf masuk dan keluar diwaktu bersinarnya bintang zuhal maka orang yang memiliki jimat segiempat ini terus-menerus berbolak-balik didalam menerima keridhaan Allah dan tidaklah dia itu dilihat oleh seseorang kecuali dia merasa kasihan kepadanya dan bertambah-tambah atasnya kenikmatan-kenikmatan dan barangsiapa yang meletakan rajah segiempat diair dan dia meminumkan air tersebut kepada orang yang sakit panas maka hilanglah penyakitnya seketika itu dan barangsiapa yang memperbanyak daripada berdzikir dengan asma rahman niscaya Allah akan melihatnya dengan mata kasih sayang dan asma rahman ini cocok sebagai dzikir bagi orang yang namanya abdurrahman dan barangsiapa yang terus menerus berdzikir dengan asma rahman niscaya dia akan dikasihi dengan sebab asma ini didalam seluruh keadaannya dan ini adalah gambar wifiknya sebagaimana yang kamu lihat.

وروي عن الحضر عليه السلام أنه قال : من صلى عصر الجمعة واستقبل القبلة وقال : يا الله يا رحمن إلى أن تغيب الشمس وسأل الله تعالى شيئا إلا أعطاه إياه ؛ وله من العدد 99 وهو زوج فرد ناقص أجزاؤه 37 تشير إلى اسمه تعالى مبقي هذا من حيث رقمه وأما من حيث لفظه فله من العدد 39 وهو عدد فرد ناقص أجزاؤه 47 تشير إلى اسمه تعالى الإله وأما أسماء حروفه فهي 49 تشير إلى اسمين جليلين وهما مبدع فاطر.

Wa ruwiya ‘anil hidhiri ‘alaihis salamu annahu qala : man shalla ‘ashral jum’ati was taqbalal qiblati wa qala : ya Allah ya Rahman ila an taghibasy syamsu wa sa-alallaha ta’ala syai-an illa a’thahu iyyahu wa lahu minal ‘adadi 99 wa huwa zaujun fardun naqishun ajza-uhu 37 tusyiru ila ismihi ta’ala mubqi hadza min haitsu raqmihi wa amma min haitsu lafzhihi falahu minal ‘adadi 39 wa huwa ‘adadun fardun naqishun ajza-uhu 47 tusyiru ila ismihi ta’ala al-ilahu wa amma asma-u hurufihi fahiya 49 tusyiru ila ismaini jalilaini wa huma mubdi’un fathirun.

Dan diriwayatkan dari nabi khidir alaihis salam bahwasannya beliau berkata : barangsiapa yang shalat ashar pada hari jum’at dan dia menghadap kiblat dan dia membaca : ya Allah ya rahman sampai tenggelam matahari dan di meminta kepada Allah ta’ala sesuatu melainkan Allah memberi sesuatu yang dia minta kepadanya dan asma rahman memiliki bilangan jumlahnya 99 dan 99 itu adalah genap sendirian dan kurang, bagian-bagian asma rahman ada 37 bagian itu isyarat kepada nama Allah ta’ala mubqi (dzat yang tetap) inilah isyarat 37 itu dari perkiraan tulisannya dan adapun dari perkiraan lafadznya maka asma rahman memiliki dari bilangan jumlahnya 39 dan 39 itu adalah angka yang bersendirian yang kurang, bagian-bagian asma rahman itu ada 47 itu isyarat kepada nama Allah ta’ala al-ilahu (sesembahan) dan adapun nama-nama huruf asma rahman maka jumlahnya ada 49 itu isyarat kepada dua nama yang mulia, yaitu mubdi’un fathirun (dzat yang membuat dan yang menciptakan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar