Rabu, 05 Juni 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabul Buyuu'i - karya ibnu hajar al'asqalani episode ketujuh.


Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 183 [seratus delapan puluh tiga] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0007/klik.

باب الصلح :
[895]- عن عمرو بن عوف المزني رضي الله تعالى عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : الصلح جائز بين المسلمين إلا صلحا حرم حلالا أو أحل حراما والمسلمون على شروطهم إلا شرطا حرم حلالا أو أحل حراما ؛ رواه الترمذي وصححه وأنكر عليه لأن راويه كثير بن عبد الله بن عمرو بن عوف ضعيف وكأنه اعتبره بكثرة طرقه.

Bab Ash Shuluh [bab tentang perdamaian] :
[895]- dari amr bin auf almuzani semoga Allah ta’ala meridhainya bahwa rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : perdamaian itu boleh diantara kaum muslimin kecuali perdamaian untuk mengharamkan yang halal atau perdamaian untuk menghalalkan yang haram dan kaum muslimun orang-orang islam itu wajib melaksanakan atau berpegang dengan persyaratan-persyaratan mereka kecuali syarat yang mengharamkan perkara yang halal atau syarat yang menghalalkan perkara yang haram ; hadis ini diriwayatkan oleh attirmidzi dan beliau menshahihkannya dan mereka para ulama mengingkari penshahihan attirmidzi karena sesungguhnya perawi hadis ini, yaitu katsir bin abdillah bin auf adalah lemah dan dan sepertinya attirmidzi menganggap hadis ini shahih karena banyaknya jalan-jalan hadis ini.

[896]- وقد صححه ابن حبان من حديث أبي هريرة رضي الله تعالى عنه.

[896]- dan sungguh ibnu hibban telah menshahihkan hadis ini dari hadisnya abu hurairah semoga Allah ta’ala meridhainya.

[897]- وعن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : لا يمنع جار جاره أن يغرز خشبة فى جداره ؛ ثم يقول أبو هريرة : ما لي أراكم عنها معرضين ؟ والله لأرمين بها بين أكتافكم ؛ متفق عليه.

[897]- Dan dari abu hurairah semoga Allah meridhainya bahwa nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda : tidak boleh seorang tetangga melarang tetangganya untuk meletakan (memasang) kayu ditemboknya ; kemudian abu hurairah berkata : kenapa saya melihat kalian berpaling dari sunah itu ? demi Allah, saya akan melemparkan kayu itu diantara pundak-pundak kalian ; hadis riwayat bukhari muslim.

[898]- وعن أبي حميد الساعدي رضي الله تعالى عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا يحل لإمرئ أن يأخذ عصا أخيه بغير طيب نفس منه ؛ رواه ابن حبان والحاكم في صحيحيهما [*].

===[*]- وأخرجه البيهقي وحسنه من حديث السائب بن يزيد ثم قال : وحديث أبي حميد أصح ما في الباب.

[898]- Dan dari abi humaidi assa’idi semoga Allah ta’ala berkata : rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : tidak boleh bagi seorang untuk mengambil tongkat milik saudaranya dengan tanpa keridhoan hati darinya ; hadis ini diriwayatkan oleh ibnu hibban dan alhakim didalam kitab shahih keduanya.

===[*]- hadis ini dikeluarkan oleh albaihaqi dan beliau menghasankan hadis ini dari hadis assaib bin yazid, kemudian beliau berkata : adalah hadis yang paling shahih dalam bab ini.

<<<<<== teks sebelumnya_klik6 > < teks setelahnya_klik8 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar