Selasa, 04 Juni 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabul Buyuu'i - karya ibnu hajar al'asqalani episode keenam.


Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 181 [seratus delapan puluh satu] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0006/klik.

باب التفليس والحجر :
[885]- عن أبي بكر بن عبد الرحمن عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : سمعنا رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : من أدرك ماله بعينه عند رجل قد أفلس فهو أحق به من غيره ؛ متفق عليه.

Bab Kebangkrutan dan Penahanan harta pada orang lain karena dia bangkrut :
[885]- Dan dari abu bakar bin abdirrahman dari abu hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata : saya mendengar rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : barangsiapa yang mendapatkan hartanya yang sesungguhnya (hartanya itu sendiri yang belum berubah) pada seseorang sungguh orang itu telah bangkrut maka dia (orang yang punya harta) lebih berhak dengan harta itu daripada yang lainnya ; hadis riwayat bukhari muslim.

[886]- ورواه أبو داود و مالك من رواية أبي بكر بن عبد الرحمن مرسلا بلفظ : أيما رجل باع متاعا فأفلس الذي ابتاعه ولم يقض الذي باعه من ثمنه شيئا فوجد متاعه بعينه فهو أحق به وإن مات المشتري فصاحب المتاع أسوة الغرماء ؛ ووصله البيهقي وضعفه تبعا لأبي داود [*].

==[*]- لأنه من رواية إسماعيل بن عياش لكنه لا يضعف إلا إذا روى عن غير الشاميين وهو هنا روى عن الحارث الزبيدي وهو شامي فهو صالح للإحتجاج به فيعضد المرسل ويقويه.

[886]- Dan telah meriwayatkan hadis ini abu dawud dan malik dari riwayat abu bakr bin abdirrahman secara mursal dengan lafadz : siapa saja orang yang menjual barang kemudian orang yang membeli barang bangkrut dan dia si pembeli belum membayar barangnya dari harga barang itu sedikitpun dari barang itu maka penjual mendapatkan barangnya yang sesungguhnya (seperti semula) maka dia itu lebih berhak terhadap barang tersebut dan jika pembelinya mati maka pemilik barang itu dia sama seperti mereka yang memiliki hutang pada orang lain ; dan telah meriwayatkan hadis ini secara maushul albaihaqi dan mendha’ifkan hadis ini mengikuti terhadap pendha’ifan abu dawud.

==[*]- karena sesungguhnya hadis ini dari riwayat ismail bin ‘iyasy akan tetapi dia tidak didha’ifkan kecuali apabila diriwayatkan dari selain orang-orang syam dan dia (ismail) disini meriwayatkan dari alharis azzubaidi dan dia itu orang syam maka dia itu orang shalih boleh berhujjah dengan riwayatnya maka menguatkan yang mursal dan menguatkannya.

[887]- ورواه أبو داود وابن ماجه من رواية عمر بن خلدة قال : أتينا أبا هريرة رضي الله عنه في صاحب لنا قد أفلس فقال : لأقضين فيكم بقضاء رسول الله صلى الله عليه وسلم : من أفلس أو مات فوجد رجل متاعه بعينه فهو أحق به ؛ وصححه الحاكم وضعفه أبو داود [*] وضعف أيضا هذه الزيادة فى ذكر الموت.

==[*]- لأن في إسناده أبا المعتمر ، قال أبو داود : من هو ؟ أي لا يعرف لكن قال أبو حاتم : أبو المعتمر بن عمرو بن أبي رافع روى عنه ابن أبي ذئب محمد بن عبد الرحمن بن المغيرة وهو ثقة فاضل فقيه وقال الشافعي : رواية عمرو بن خلدة أولى من رواية أبي بكر بن عبد الرحمن المرسلة.

[887]- Dan telah meriwayatkan hadis ini abu dawud dan ibnu majah dari riwayat umar bin khaladah, beliau berkata : kami datang kepada abu hurairah semoga Allah meridhainya tentang salah seorang sahabat kami yang dia telah bangkrut maka abu hurairah berkata : saya telah menentukan pada kalian dengan ketentuan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : barangsiapa bangkrut atau mati maka seorang mendapatkan hartanya yang sesungguhnya (itu sendiri) maka dia itu lebih berhak dengan harta itu ; dan hadis ini dishahihkan oleh alhakim dan didha’ifkan oleh abu dawud dan beliau mendha’ifkan juga tambahan ini dalam penyebutan kematian.

==[*]- karena dalam sanadnya ada abu mu’tamir, berkata abu dawud : siapa dia (abu mu’tamir) itu ? maksudnya dia tidak dikenal, akan tetapi berkata abu hatim : ibnu abi dzi’bi muhammad bin abdurrahman bin almughirah telah meriwayatkan darinya (abu mu’tamir bin amr bin abi rafi’) dan dia (abu mu’tamir) terpercaya orang yang utama orang yang alim dan berkata asy syafi’i : riwayat amr bin khaladah lebih utama daripada riwayat abi bakr bin abdirrahman yang mursal.

[888]- وعن عمرو بن الشريد عن أبيه رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لي الواجد يحل عرضه وعقوبته [*] ؛ رواه أبو داود والنسائي وعلقه البخاري وصححه ابن حبان.

==[*]- أي مطل الغني ظلم كما سيجيء في باب الحوالة والضمان عن أبي هريرة رقم [898].

[888]- dan dari ‘amr bin asy syarid dari ayahnya semoga Allah meridhainya, beliau berkata : bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : orang yang mampu membayar hutang kemudian dia menunda-nunda pembayaran hutang menghalalkan kehormatan orang yang berhutang untuk diadukan dan menghalalkan sangsi bagi dia untuk dijual dan dibayar hutangnya ; hadis ini diriwayatkan oleh abu dawud dan annasa;i dan imam bukhari meriwayatkan hadis ini secara mu’allaq dan hadis ini dishahihkan oleh ibnu hibban.

==[*]-yakni orang yang mampu yang menunda-nunda pembayaran hutang adalah kedhaliman sebagaimana akan datang didalam bab alhawalah wadh dhaman dari abu hurairah nomer [898].

[889]- وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : أصيب رجل في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم فى ثمار ابتاعها فكثر دينه فأفلس فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : تصدقوا عليه ؛ فتصدق الناس عليه ولم يبلغ ذلك وفاء دينه فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لغرمائه : خذوا ما وجدتم وليس لكم إلا ذلك ؛ رواه مسلم.

[889]- Dan dari abu sa’id alkhudri semoga Allah meridhainya, beliau berkata : seorang terkena musibah dizaman rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada buah-buahan yang telah dia beli maka menjadi banyak hutangnya maka dia menjadi bangkrut maka bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : bershodaqahlah kalian kepada orang itu ; maka manusia bershodaqah kepadanya dan hal itu belum mencapai pelunasan hutangnya maka bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada orang-orang yang menghutangi orang tersebut : ambillah apa yang kalian dapati dan tidaklah bagi kalian kecuali itu ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

[890]- وعن ابن كعب بن مالك عن أبيه رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم حجر على معاذ ماله وباعه فى دين كان عليه [*] ؛ رواه الدارقني وصححه الحاكم وأخرجه أبو داود مرسلا ورجح إرساله.

==[*]- ابن كعب اسمه عبد الرحمن و قد كان ذلك فى سنة تسع وقد أصاب غرماؤه خمسة أسباع حقوقهم ثم بعثه النبي صلى الله عليه وسلم بعد ذلك إلى اليمن.

[890]- Dan dari ibnu ka’b bin malik dari bapaknya semoga Allah meridhai keduanya bahwa rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menahan hartanya mu’adz dan nabi shallallahu alaihi wa sallam menjual untuk membayar hutang yang menjadi tanggungan mu’adz ; hadis ini diriwayatkan oleh addaraquthni dan dishahihkan oleh alhakim dan dikeluarkan oleh abu dawud secara mursal dan abu dawud merajihkan mursalnya hadis ini.

==[*]- ibnu ka’b namanya abdurrahman dan hal itu terjadi pada tahun kesembilan dan sungguh orang-orang yang memberi hutang kepada mu’adz mendapat 5 arba’ [5/7 harta] yang menjadi hak-hak mereka kemudian nabi shallallahu alaihi wa sallam mengutus setelah itu ke negeri yaman.

[891]- وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال : عرضت على النبي صلى الله عليه وسلم يوم أحد وأنا ابن أربع عشرة سنة – فلم يجزني وعرضت عليه يوم الخندق وأنا ابن خمس عشرة سنة فأجازني ؛ متفق عليه ؛ وفى رواية للبيهقي : فلم يجزني ولم يرني بلغت ؛ وصححه ابن خزيمة.

[891]- Dan dari ibnu umar semoga Allah meridhai keduanya, beliau berkata : Saya dihadapkan kepada nabi shallallahu alaihi wa sallam pada perang uhud dan saya pada waktu itu berumur 14 tahun maka nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak mengijinkan saya dan saya dihadapkan kepada nabi shallallahu alaihi wa sallam pada perang khandaq dan saya pada waktu itu berumur 15 tahun maka nabi shallallahu alaihi wa sallam mengijinkan saya ; hadis riwayat bukhari muslim ; dan pada satu riwayat bagi albaihaqi : maka nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak mengijinkan kepada saya dan beliau berpandangan (menganggap) saya bahwa saya belum dewasa ; dan hadis ini dishahihkan oleh ibnu khuzaimah.

[892]- وعن عطية القرظي رضي الله تعالى عنه قال : عرضنا على النبي صلى الله عليه وسلم يوم قريظة فكان من أنبت قتل ومن لم ينبت خلى سبيله فكنت ممن لم ينبت فخلى سبيلي [*] ؛ رواه الأربعة وصححه ابن حبان والحاكم وقال : على شرط الشيخين.

==[*]- كان يهود بني قريظة أشد الناس عداوة للنبي صلى الله عليه وسلم عاهدهم حين قدم المدينة فنقضوا العهد يوم الخندق فى شوال سنة خمس ومالأوا الأحزاب فلما انتصر صلى الله عليه وسلم على الأحزاب رجع إلى بيته وبينما هو يخلع سلاحه جاءه جبريل وقال له : الحقني فىي بني قريظة فحاصرهم ثم نزلوا على حكم سعد بن معاذ فحكم أن يقتل الرجال وتسبي النساء والذرية فكان يعرف البلوغ بإنبات العانة.

[892]- Dan dari ‘athiyyah alquradhi semoga Allah ta’ala meridhainya, beliau berkata : kami dihadapkan kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada peristiwa quraidhah maka barangsiapa yang telah tumbuh rambut kemaluannya dibunuh dan barangsiapa yang belum tumbuh rambut kemaluannya, dia dibebaskan maka saya termasuk orang yang belum tumbuh rambut kemaluannya maka saya dibebaskan ; hadis ini diriwayatkan oleh imam yang empat dan hadis ini dishahihkan oleh ibnul hibban dan alhakim dan berkata alhakim : hadis ini berdasarkan persyaratan bukhari muslim.

==[*]- adalah yahudi bani quraidhah adalah manusia yang paling sengit permusuhannya kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mengadakan perjanjian dengan mereka ketika beliau datang ke madinah maka mereka melanggar perjanjian pada perang khandaq pada bulan syawwal tahun 5 hijriyah dan mereka bergabung gabungan beberapa pasukan (kelompok-kelompok sekutu-sekutu tadi) maka ketika nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat pertolongan atas pasukan sekutu-sekutu tadi, beliau pulang ke rumahnya dan ketika nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melepas senjatanya, jibril datang kepadanya dan berkata kepadanya : ikuti saya ke bani quraidhah maka jibril mengepung mereka kemudian mereka dikepung atas usulan (hukumnya) sa’d bin mu’adz maka beliau menghukum laki-laki dewasa, dan wanita dan anak-anak ditawan maka dia itu diketahui dewasanya mereka dengan tumbuhnya bulu kemaluan.

[893]- وعن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : لا يجوز لإمرأة عطية إلا بإذن زوجها ؛ وفى لفظ : لا يجوز للمرأة أمر فى مالها إذا ملك زوجها عصمتها ؛ رواه أحمد وأصحاب السنن إلا الترمذي وصححه الحاكم.

[893]- Dan dari amr bin syu’aib dari bapaknya dari kakeknya semoga Allah meridhai keduanya bahwa rasulullah shallallahu alaihi wa sallam beliau bersabda : tidak boleh bagi seorang istri memberikan harta kecuali dengan ijin suaminya ; dan pada suatu lafadz : tidak halal bagi wanita mengurus pada hartanya apabila suaminya memiliki penjagaan harta tersebut ; hadis ini diriwayatkan oleh ahmad dan pemilik kitab sunan kecuali attirmidzi dan hadis ini dishahihkan oleh alhakim.

[894]- وعن قبيصة بن مخارق رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إن المسألة لا تحل إلا لأحد ثلاثة : رجل تحمل حمالة فحلت له المسألة حتى يصيبها ثم يمسك ؛ ورجل أصابته جائحة احتاحت ماله فحلت له المسألة حتى يصيب قواما من عيش ؛ ورجل أصابته فاقة حتى يقول ثلاثة من ذوي الحجى من قومه : لقد أصاصت فلانا فاقة فحلت له المسألة ؛ رواه مسلم.

[894]- Dan dari qabishah bin mukhariq semoga Allah meridhainya, dia berkata : rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : sesungguhnya meminta-minta itu tidah halal kecuali untuk salah satu dari tiga orang : seorang yang dia menanggung hutang orang lain maka halal bagi dia untuk meminta-minta sampai dia melunasinya kemudian dia berhenti dari meminta ; dan seorang yang tertimpa musibah yang menghabiskan hartanya maka halal bagi dia meminta sampai dia mendapat penopang dari penghidupan ; dan seorang yang tertimpa kefaqiran sehingga tiga orang dari kaumnya yang berakal mengatakan : sungguh kefaqiran telah menimpa sifulan maka halal bagi dia meminta ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

<<<<<== teks sebelumnya_klik5 > < teks setelahnya_klik7 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar