Kitab
Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 184 [seratus
delapan puluh empat] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin
Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:
|
@ngajibuluughulmaraam/0008/klik.
|
باب الحوالة والضمان :
|
[899]-
عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مطل
الغني ظلم وإذا أتبع أحدكم على ملئ فليتبع ؛ متفق عليه ؛ وفى رواية لأحمد : ومن
أحيل فليحتل.
|
Bab Tentang Hawalah dan Dhaman :
|
[899]- Dari abu hurairah semoga Allah ta’ala meridhainya, dia berkata :
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : orang yang berkecukupan
yang menunda pembayaran hutang adalah kedhaliman dan apabila salah seorang
diantara kalian dipindahkan hutangnya kepada orang yang mampu maka hendaknya
ia menerima ; hadis riwayat bukhari muslim ; dan dalam satu riwayat imam
ahmad : dan barangsiapa yang hutangnya dipindahkan maka hendaknya ia
menerima.
|
[900]- وعن جابر
رضي الله تعالى عنه قال : توفي رجل منا فغسلناه وحنطناه وكفناه ثم أتينا به رسول
الله صلى الله عليه وسلم فقلنا : تصلي عليه ؟ فخطا خطى ثم قال : أعليه دين ؟
فقلنا : ديناران فاصرف فتحملهما أبو قتادة فأتيناه فقال أبو قتادة : الديناران
علي فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : حق الغريم [*] وبرئ منهما الميت ؟ قال
: نعم فصلى عليه ؛ رواه أحمد وأبو داود والنسائي وصححه ابن حبان والحاكم.
|
==[*]- قال الصنعاني : حق الغريم ؛ منصوب على المصدر مؤكد
لمضمون قوله : الديناران علي اه ؛ وفى رواية أحمد : قد أوفى الله حق الغريم.
|
[900]- dan
dari jabir semoga Allah ta’ala meridhainya, dia berkata : salah seorang
lelaki diantara kami meninggal dunia maka kami memandikannya dan kami
mewangikannya dan kami mengkafaninya kemudian kami membawanya kehadapan
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka kami berkata : Apakah Engkau
mau mensholatinya ? maka beliau melangkah beberapa langkah kemudian beliau
bersabda : Apakah dia punya hutang ? maka kami berkata : dua dinar maka beliau berpaling maka abu
qatadah menanggung hutangnya dua dinar maka kami datang kepada nabi
shallallahu ‘alaihis salam maka abu qatadah berkata : hutang dua dinar
menjadi tanggungan saya maka rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda : Apakah Engkau betul-betul menanggung hutangnya mayit itu dan mayit
itu terbebas dari hutang dua dinar ? berkata abu qatadah : iya maka beliau
mensholatinya ; hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad, abu dawud dan annasa’i dan
hadis ini dishahihkan oleh ibnu hibban dan alhakim.
|
==[*]- berkata ashshun’ani : menanggung hutang si mayit ; dinashabkan
atas masdar muakkad karena kandungan ucapannya : hutang dua dinar menjadi
tanggungan saya, selesai ; dan dalam satu riwayat imam ahmad : sungguh Allah
menanggung hutangnya orang yang berhutang.
|
[901]- وعن أبي
هريرة رضي الله تعالى عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يؤتى بالرجل
المتوفى عليه الدين فيسأل : هل ترك لدينه من قضاء ؟ فإن حدث أنه ترك وفاء صلى
عليه وإلا قال : صلوا على صاحبكم ؛ فلما فتح الله عليه الفتوح قال : أنا أولى
بالمؤمنين من أنفسهم فمن توفي وعليه دين فعلي قضاؤه ؛ متفق عليه ؛ وفي رواية
للبخاري : فمن مات ولم يترك وفاء.
|
[901]- dan dari abu hurairah semoga Allah ta’ala meridhainya bahwa
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan kepada beliau dengan
seorang mayit dalam keadaan dia menanggung hutang maka nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam bertanya : Apakah meninggalkan sesuatu untuk melunasi hutangnya ?
maka jika diberitahukan bahwa dia meninggalkan sesuatu untuk melunasi
hutangnya maka nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mensholatinya dan jika
tidak nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : sholati atas teman kalian
; maka setelah Allah menaklukan untuk nabi beberapa negeri kafir, beliau
bersabda : Saya lebih berhak terhadap orang-orang yang beriman daripada diri
mereka sendiri maka barangsiapa yang mati dalam keadaan dia memiliki hutang
maka saya yang berkewajiban melunasinya ; hadis riwayat bukhari muslim ; dan
dalam satu riwayat bagi imam bukhari : maka barangsiapa yang mati dalam
keadaan dia tidak meninggalkan sesuatu untuk membayar hutang (maka sayalah
yang berkewajiban melunasinya).
|
[902]- وعن عمرو
بن شعيب عن أبيه عن جده قال : قال رسول الله عليه وسلم : لا كفالة فى حد ؛ رواه
البيهقي بإسناد ضعيف [*].
|
==[*]- قال البيهقي : إنه منكر ، وفي الباب آثار كلها لا
تخلو عن مقال لكن أحاديث الأمر بإقامة الحدود تؤيد معناه لأنه لو جازت هذه
الكفالة فغاب لزم تعطيل إقامة الحدود.
|
[902]- dan dari ‘amr
bin syu’aib dari bapaknya dari kakeknya, dia berkata : bersabda rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam : tidak ada tanggungan (jaminan) dalam hukuman
had ; hadis ini diriwayatkan oleh albaihaqi dengan sanad yang lemah.
|
==[*]- Berkata albaihaqi : sesungguhnya hadis itu mungkar (diingkari
karena menyelisihi hadis shahih), didalam bab ini ada riwayat-riwayat yang
semuanya tidak kosong dari pembicaraan akan tetapi hadis-hadis perintah untuk
menegakan hukuman had menguatkan makna hadis ini karena seandainya boleh
jaminan hukuman had maka akan hilang keharusan meninggalkan penunaian hukuman
had.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar