Sabtu, 25 Mei 2019

Ngaji Shahiih Albukhaarii - karya imam albukhari episode keempat.

Kitab Shahih Al Bukhari, Halaman : 7 (tujuh) ; Karya Al 'Alamah Al Mudaqqiq Abu 'Abdillah Muhammad bin Ismail Al Bukhari radiyallahu 'anhu wa ardhahu :

@ngajishahiihalbukhaari/0004/klik.

قال ابن شهاب : وأخبرني أبو سلمة بن عبد الرحمن أن جابر بن عبد الله الأنصاري قال وهو يحدث عن فترة الوحي فقال فى حديثه : بينا أنا أمشي إذ سمعت صوتا من السماء فرفعت بصري فإذا الملك الذ جاءني بحراء جالس على كرسي بين السماء والأرض فرعبت منه فرجعت فقلت : زملوني فأنزل الله تعالى : يأيها المدثر قم فأنذر إلى قوله والرجز فاهجر فحمى الوحي وتتابع تابعه عبد الله بن يوسف وأبو صالح وتابعه هلال بن رداد عن الزهرى وقال يونس ومعمر : بوادره.

Qaala ibnu syihaabin : wa akhbaranii abuu salamata ibnu ‘abdir rahmaani anna jaabira ibna ‘abdillaahil al-anshaariyya qaala : wa huwa yuhadditsu ‘an fatratil wahyi faqaala fii hadiitsihi : bainaa anaa amsyii idz sami’tu shautan minas samaa-i farafa’tu basharii fa-idzal malaku alladzii jaa-anii bihiraa-i jaalisun ‘alaa kursiyyi bainas samaa-i wal ardhi faru’ibtu minhu faraja’tu faqultu : zammiluunii fa-anzalallaahu ta’aalaa : [ya ayyuhal muddatstsiru, qum fa-andzir ilaa qaulihi war rujza fahjur] fahamiyal wahyu wa tataaba’a ; taaba’ahu ‘abdullaahi ibnu yuusufa wa abuu shaalihin ; wa taaba’ahu hilaalu ibnu raddaadin ‘aniz zuhriyyi wa qaala yuunusu wa ma’maru : [bawaadiruhu].

Berkata ibnu syihab : dan telah mengkhabarkan kepadaku abu salamah bin abdur rahman bahwa jabir bin abdullah al-anshariyya dia berkata : dan jabir sedang bercerita tentang masa tidak adanya wahyu maka dia berkata didalam cerita tersebut : ketika aku (nabi) dahulu, saya sedang berjalan ; tiba-tiba saya mendengar suatu suara dari langit maka akupun mengangkat pandanganku maka ternyata itu adalah malaikat yang menemui saya di gua hira waktu itu, sedang duduk diatas kursi antara langit dan bumi maka aku jadi takut darinya maka akupun pulang maka aku berkata : tolong selimuti saya maka Allah ta’ala menurunkan ayat : ya ayyuhal mudatstsir, qum fa-andzir (wahai orang yang berselimut, bangunlah lalu berilah peringatan) sampai firmannya – war rujza fahjur (dan berhala-hala maka tinggalkanlah) maka sejak saat itu wahyu berkesinambungan turun dan terus-menerus turun ; dan mengikuti ibnu syihab, yaitu abdullah bin yusuf dan abu shalih ; dan mengikutinya juga hilal bin raddad dari zuhri dan berkata yunus dan ma’mar (menyepakatinya).

<<<<<== teks sebelumnya_klik3 > < teks setelahnya_klik5 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar