Minggu, 14 Juli 2019

Ngaji Risalah ahlus sunnah wal jama'ah karya syaikh hasyim asy'ari episode ketiga.

Kitab Risaalah Ahlus Sunnah wal Jamaa’ati fii hadiitsil mautaa wa asyraathis saa’ati wa bayaani mafhuumis sunnati wal bid’ati ; Karya : al’alaamah asysyaikh muhammad hasyim asy’arii rahimahullahu ta’ala.

@ngajirisalahaswaja/0003/klik.

فصل فى بيان السنة والبدعة
[fashlun fii bayaanis sunnati wal bid’ati] : [fasal yang menjelaskan tentang sunnah dan bid’ah]

السنة بالضم والتشديد كما قال أبو البقاء فى كلياته : لغة الطريقة ولو غير مرضية ، وشرعا إسم للطريقة المرضية المسلوكة فى الدين سلكها رسول الله صلى الله عليه وسلم أو غيره ممن هو علم في الدين كالصحابة رضي الله عنهم ، لقوله صلى الله عليه وسلم : عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين من بعدي ، وعرفا ما واظب عليه مقتدي نبيا كان أو وليا ، والسني منسوب إلى السنة حذف التاء للنسبة.

Assunnatu bidh dhammi wat tasydiidi kamaa abul baqaa-i fii kuliyyaatihi : lughatan aththariiqatu wa lau ghaira mardhiyyatin, wa syar’an ismun lith thariiqatil mardhiyyatil masluukati fid diini salakahaa rasuulullaahi shallallaahu ‘alaihi wa sallama au ghairuhu mimman huwa ‘alamun fid diini kash shahaabati radhiyallaahu ‘anhum, liqaulihi shallallaahu ‘alaihi wa sallama : ‘alaikum bisunnatii wa sunnatil khulafaa-ir rasyidiina min ba’dii, wa ‘urfan maa waazhaba ‘alaihi muqtadan nabiyyan kaana au waliyyan, was sunniyyu mansuubun ilas sunnati hudzifat taa-u lin nisbati.

Lafadz assunnah dengan didhammah huruf sin dan ditasydid huruf nun seperti keterangan yang dikatakan oleh abul baqa’ didalam kitab kuliyyahnya : sunnah secara bahasa itu adalah jalan meskipun tidak diridhai, dan sunnah menurut istilah syari’at itu adalah nama bagi jalan yang diridhai yang ditempuh didalam agama yang menempuh jalan itu, yakni rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau selainnya dari orang yang dia itu orang yang menjadi panutan didalam agama seperti para sahabat berdasarkan sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama : wajib atas kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunahnya khulafatur rasyidin yang hidup setelahku, dan secara adat kebiasaan adalah apa yang senantiasa berada diatasnya orang yang menjadi panutan, baik panutan itu adalah seorang nabi atau seorang wali, dan lafadz assunniyyu dinisbatkan kepada lafadz assunnah dibuang huruf ta karena menisbatkan.

والبدعة كما قال الشيخ زروق فى عدة المريد : شرعا احداث أمر فى الدين يشبه أن يكون منه وليس منه سواء كان بالصورة أو بالحقيقة ، لقوله صلى الله عليه وسلم : من أحدث فى أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ، وقوله صلى الله عليه وسلم : وكل محدثة بدعة ، وقد بين العلماء رحمهم الله أن المعنى فى الحديثين المذكورين راجع لتغيير الحكم بإعتقاد ما ليس بقربة قربة لا مطلق الاحداث ، إذ قد تناولته الشريعة بأصولها فيكون راجعا إليها أو بفروعها فيكون مقيسا عليها.

Wal bid’atu kama qaala asysyaikhu zaruuqun fii ‘uddatil muriidi : syar’an ihdaatsu amrin fid diini yusybihu an yakuuna minhu wa laisa minhu sawaa-un kaana bish shuruuti au bil haqiiqati, liqaulihi shallallaahu ‘alaihi wa sallama : man ahdatsa fii amrinaa haadzaa maa laisa minhu fahuwa raddun, wa qaulihi shallallaahu ‘alaihi wa sallama : wa kullu muhdatsatin bid’atun, wa qad bayyanal ‘ulamaa-u rahimahumullaahu annal ma’naa fil hadiitsainil madzkuuraini raaji’un litaghyiiril hukmi bi-i’tiqaadi maa laisa biqurbatin qurbatan laa muthlaqil ihdaatsi, idz qad tanaawalathu asysyarii’atu bi-ushuulihaa fayakuunu raaji’an ilaihaa au bifuruu’ihaa fayakuunu maqiisan ‘alaihaa.

Dan bid’ah itu sebagaimana keterangan yang dikatakan oleh syaikh zaruq didalam kitab ‘uddatul murid : bid’ah menurut istilah syari’at itu adalah mengadakan perkara yang baru didalam agama yang menyerupai perkara itu daripada agama dan perkara itu tidak ada daripada agama sama saja perkara itu dengan berbentuk rupa atau dengan hakikatnya, berdasarkan sabda nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallama : barangsiapa yang mengadakan perkara yang baru dalam urusan kita ini apa yang tidak ada dasarnya darinya maka sesuatu yang tidak ada dasarnya itu tertolak, dan sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama : dan setiap perkara yang baru itu adalah bid’ah, dan sungguh para ulama semoga Allah merahmati mereka telah menjelaskan bahwa makna didalam dua hadits yang tersebut diatas itu kembali kepada perubahan hukum dengan meyakini apa saja yang itu bukan ibadah yang bisa mendekatkan diri itu diyakini ibadah yang bisa mendekatkan diri tidak dianggap memutlakan mengadakan perkara yang baru, karena sungguh sesuatu itu telah didapati oleh syari’at dengan pokok-pokoknya maka dia itu kembali pada pokok-pokok tadi atau dengan cabang-cabangnya maka dia diqiyaskan atas syari’at.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar