Senin, 03 Juni 2019

Ngaji Buluughul Maraam - Kitaabul Buyuu'i - karya ibnu hajar al'asqalani episode kelima.


Kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Halaman : 179 [seratus tujuh puluh sembilan] ; karya Imam Abi Fadhl Ahmad bin 'Ali bin Hajar Al 'Asqalani rahimahullahu ta'ala:

@ngajibuluughulmaraam/0005/klik.

أبواب السلم والقرض والرهن :
[875]- عن ابن عباس قال : قدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة وهم يسلفون فى الثمار السنة والسنتين فقال : من أسلف فى ثمر فليسلف في كيل معلوم ووزن معلوم إلى أجل معلوم ؛ متفق عليه ؛ وللبخاري : من أسلف في شيئ.

Bab As Salam, Qarad dan Rahn :
[875]- Dan dari ibnu abbas beliau berkata : nabi shallallahu alaihi wa sallam datang ke madinah dan mereka dalam keadaan mengadakan jual beli salaf pada buah-buahan pada waktu 1 tahun dan 2 tahun maka nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : barangsiapa yang menghutangkan pada buah-buahan maka hendaknya mengadakan jual beli salaf pada takaran yang ditentukan dan timbangan yang ditentukan sampai batas waktu yang ditentukan ; hadis riwayat bukhari muslim ; dan pada riwayat bukhari : barangsiapa yang melakukan jual beli salaf pada sesuatu.

[876]- وعن عبد الرحمن بن أبزى وعبد الله بن أبي أوفى رضي الله تعالى عنهما قالا : كنا نصيب المغانم مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وكان يأتينا أنباط من أنباط الشام [*] فنسلفهم فى الحنطة والشعير والزبيب – وفي رواية : والزيت – إلى أجل مسمى ، قيل : أكان لهم زرع ؟ قالا : ما كنا نسألهم ذلك ؛ رواه البخاري.

==[*]. الأنباط : جمع نبيط وهم قوم من العرب دخلوا فى العجم واختلطت أنسابهم ، سموا بذلك لمعرفتهم بأنباط الماء أي استخراجه لكثرة معالجتهم الفلاحة.

[876]- Dan dari abdurrahman bin abza dan abdullah bin abi aufa semoga Allah ta’ala meridhai mereka berdua, keduanya berkata : ketika kami memperoleh harta rampasan perang bersama rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan datanglah kepada kita beberapa nabit dari nabit-nabit syam maka kami mengadakan jual beli salam dengan mereka pada gandum dan anggur kering – dan pada suatu riwayat : dan minyak – sampai batas yang ditentukan, dikatakan : Apakah mereka memiliki makanan (pertanian) ? keduanya menjawab : kami tidak menanyakan kepada mereka hal itu ; hadis ini diriwayatkan oleh imam bukhari.

==[*]. Al-Anbat adalah jamak nabit dan mereka itu kaum dari orang arab, mereka masuk pada ajab (luar, selain arab) dan nasab mereka tercampur, mereka dinamakan dengan hal itu karena mengetahui dengan nabit-nabit air, yaitu sumber-sumber air karena banyaknya mengurusi pertanian.

[877]- وعن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من أخذ أموال الناس يريد أداءها أدى الله عنه ومن أخذها يريد إتلافها أتلفه الله تعالى ؛ رواه البخاري.

[877]- dan dari abu hurairah semoga Allah ta’ala meridhainya dari nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda : barangsiapa mengambil harta-harta manusia, dia ingin menunaikan (membayarnya) maka Allah tunaikan (bayarkan) dari orang tersebut dan barangsiapa yang mengambilnya, dia ingin membinasakannya maka Allah ta’aa binasakan dia ; hadis diriwayatkan oleh imam bukhari.

[878]- وعن عائشة رضي الله عنها قالت : قلت : يا رسول الله ، إن فلانا [*] قدم له بز من الشام فلو بعثت إليه فأخذت منه ثوبين نسيئة إلى ميسرة ؟ فبعث إليه فامتنع ؛ أخرجه الحاكم والبيهقي ورجاله ثقات.

==[*]- كان يهوديا من أهل المدينة وروى البخاري عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم رهن درعه عند يهودي على صاع من شعير لأهله ؛ وروى البخاري ومسلم والترمذى عن عائشة قالت : مات صلى الله عليه وسلم ودرعه مرهونة فى طعام ثلاثين صاعا من شعير.

[878]- Dan dari ‘Aisyah semoga Allah meridhainya, dia berkata : Aku berkata : Wahai rasulullah, seseungguhnya fulan datang dengan membawa milik dia pakaian tebal dari syam maka seandainya Engkau mengutus seorang kepadanya (yahudi) maka Engkau mengambil darinya (yahudi) dua pakaian dengan pembayaran ditunda sampai batas waktu ada kemudahan ? maka nabi shallallahu alaihi wa sallam mengutus seorang untuk menemuinya (yahudi) maka yahudi itu menolak ; hadis ini dikeluarkan oleh alhakim dan albaihaqi dan para perawi hadis ini terpercaya.

==[*]- Dia adalah seorang yahudi dari penduduk madinah dan imam bukhari meriwayatkan dari anas bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam menggadaikan baju besinya kepada orang yahudi dengan satu sho’ dari gandum untuk menafkahi keluarganya ; dan imam bukhari, muslim dan attirmidzi telah meriwayatkan dari ‘aisyah, dia berkata : nabi shallallahu alaihi wa sallam meninggal dunia dan baju besi beliau dalam keadaan digadaikan dengan makanan 30 sho’ dari gandum.

[879]- وعن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الظهر يركب بنفقته إذا كان مرهونا ولبن الدر يشرب بنفقته إذا كان مرهونا وعلى الذي يركب ويشرب النفقة ؛ رواه البخاري.

[879]- Dan dari abu hurairah berkata : bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : Punggung hewan boleh dinaiki dengan membayarnya apabila hewan itu digadaikan dan air susu hewan boleh diminum dengan membayarnya apabila hewan itu digadaikan dan bagi orang yang menaiki hewan dan minum susunya ada kewajiban nafaqah ; hadis ini diriwayatkan oleh imam bukhari.

[880]- وعنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا يغلق الرهن [*] من صاحبه الذي رهنه له غنمه وعليه غرمه ؛ رواه الدارقطني والحاكم ورجاله ثقات إلا أن المحفوظ عند أبي داود وغيره إرساله.

==[*]- غلق الرهن استحقه المرتهن إذا لم يقدر راهنه أن يفتكه فى الوقت المضروب فما زاد من الرهن من ولد فى الحيوان أو زرع فى الأرض أو نحو ذلك فهو لمالكه وما نقص منه وتلف فعلى مالكه وليس على المرتهن ولا له من ذلك شيئ.

[880]- Dan dari abu hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata : bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : barang gadaian itu tidak tertutup dari pemiliknya yang menggadaikannya, adalah haknya dia keuntungannya dan adalah tanggungan dia kerusakannya ; hadis ini diriwayatkan oleh addaraquthni dan alhakim dan para perawinya terpercaya kecuali bahwa yang terpelihara menurut abu dawud dan selainnya adalah mursalnya hadis ini.

==[*]- Ghalaqar rahnu maksudnya orang yang menggadai berhak memiliki barang gadaian apabila orang yang mengadai tidak mampu menebus pada waktu yang ditentukan maka selebihnya dari barang gadaian seperti anak pada hewan atau benih pada suatu tanah atau semisal itu maka dia itu milik pemiliknya dan kekurangan dari barang gadaian dan kerusakan maka tanggungan pemiliknya dan bukan orang yang menggadai dan tidaklah bagi dia (orang yang menggadai) dari hal itu sesuatupun.

[881]- وعن أبي رافع رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم استستلف من رجل بكرا فقدمت عليه إبل من إبل الصدقة فأمر أبا رافع أن يقضي الرجل بكره فقال : لا أجد إلا خيارا رباعيا [*] فقال : أعطه إياه فإن خيار الناس أحسنهم قضاء ؛ رواه مسلم.

==[*]- يقال للذكر من الإبل إذا طلعت رباعيته رباع والأنثى رباعية بالتخفيف وذلك إذا دخلا فى السنة السابعة.

[881]- Dan dari abu rafi’ semoga Allah meridhainya bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam beliau meminjam onta muda kepada seseorang maka orang itu menerima pengembaliannya onta dari onta shodaqah maka nabi shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan abu rafi’ mengembalikan onta muda kepada orang tersebut maka berkata abu rafi’ : saya tidak mendapat kecuali onta yang pilihan yang sudah berumur 7 tahun maka nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : berikan onta itu kepadanya maka sesungguhnya manusia yang paling baik adalah manusia yang paling baik dalam menunaikan hutangnya ; hadis ini diriwayatkan oleh imam muslim.

==[*]- dikatakan untuk onta jantan dari onta apabila telah muncul gigi gerahamnya adalah raba’ dan onta betina adalah ruba’iyah dengan tahfif dan hal itu apabila telah masuk pada tahun yang ketujuh.

[882]- وعن علي قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كل قرض جر منفعة فهو ربا ؛ رواه الحارث بن أبي أسامة وإسناده ساقط [*].

==[*]- في إسناده سوار بن مصعب قال النسائي : متروك وقال البخاري : منكر الحديث.

[882]- Dan dari ali, dia berkata : bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : setiap hutang yang menarik manfaat maka itu adalah riba ; hadis ini diriwayatkan oleh alharis bin abi usamah dan sanadnya gugur.

==[*]- dalam sanadnya ada siwar bin mush’ab, berkata annasa’i : dia ditinggalkan dan berkata Albukhari : dia itu munkarul hadis.

[883]- وله شاهد ضعيف عن فضالة بن عبيد عند البيهقي.

[883]- Dan hadis ini memiliki penguat dari jalan lain yang lemah dari fadholah bin ubaidin pada riwayat Albaihaqi.

[884]- وآخر موقوف عن عبد الله بن سلام عند البخاري.

==[**]- لم يوجد في البخاري فى باب الإستقراض وقد نسبه المصنف في التلخيص إلى البيهقي ولم ينسبه إلى البخاري فلعل ما هنا نشأ عن سهو.

[884]- Dan syahid yang lain mauquf dari abdullah bin salam pada riwayat albukhari.

==[**]- hadis ini tidak terdapat pada riwayat albukhari dalam bab hutang piutang dan sungguh mushonnif ibnu hajar menyandarkan hadis ini dalam kitab attalkhish kepada albaihaqi dan ibnu hajar tidak menyandarkan hadis ini kepada albukhari maka barangkali disini timbul karena lupa.

<<<<<== teks sebelumnya_klik4 > < teks setelahnya_klik6 == >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar